arus balik yang lewat Ajibarang lebih dominan pemilir bersepeda motor
Banyumas (ANTARA) - Arus balik tujuan Jakarta dan sekitarnya yang melintasi jalur tengah maupun jalur selatan Jawa Tengah di wilayah Kabupaten Banyumas pada H+6 Lebaran 2023 terpantau landai, kata Kasatlantas Polresta Banyumas Kompol Bobby Anugrah Rachman.

"Arus balik hari ini (29/4) terpantau landai, baik di simpang Buntu, Kaliori, Rawalo, dan Ajibarang," katanya di Purwokerto, Banyumas, Sabtu petang.

Bahkan, kata dia, arus balik di Tol Kalikangkung hingga Brebes juga terpantau landai.

Lebih lanjut, dia mengatakan arus balik di jalur tengah dan jalur selatan Jateng yang terpantau agak padat terjadi pada tanggal 25-27 April.

Akan tetapi, kepadatan arus balik tersebut dapat terurai karena sebagian pemilir yang datang dari arah Yogyakarta, Purworejo, dan Kebumen terutama yang menggunakan kendaraan roda empat memanfaatkan jalur Buntu-Kaliori-Sokaraja untuk menuju jalur Purbalingga-Tol Pemalang.

Baca juga: Jalur "one way" diperpanjang dari KM 414 Kalikangkung sampai Cikopo
Baca juga: Arus balik Tol Jakarta-Cikampek padat hingga diterapkan "contraflow"

Sedangkan pemilir lainnya memanfaatkan ruas jalan Ajibarang-Brebes yang merupakan penghubung jalur tengah dan jalur selatan Jateng dengan jalur pantura.

"Arus balik yang lewat Ajibarang lebih dominan pemilir bersepeda motor," kata Kompol Bobby.

Ia mengatakan berdasarkan data Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, pemudik yang belum meninggalkan wilayah Banyumas diperkirakan masih sekitar 30 persen.

Sementara dari pengamatan wartawan ANTARA di Pos Pengamanan Lebaran 2023 Simpang SPBU Ajibarang, Sabtu (29/4) petang, arus kendaraan yang datang dari arah jalur tengah maupun jalur selatan Jateng menuju ruas jalan Ajibarang-Brebes terlihat relatif lengang.

Kendati demikian, suasana arus balik tujuan Jakarta yang didominasi pemilir bersepeda motor masih terlihat melintasi ruas jalan Ajibarang-Brebes. 

Baca juga: Arus kendaraan masuk gerbang Kalikangkung ke arah Jakarta padat
 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023