Beijing (ANTARA) - Jumlah perjalanan penumpang yang ditangani oleh perkeretaapian China diperkirakan mencapai 19,5 juta pada Sabtu (29/4) --hari pertama liburan Hari Buruh selama lima hari di China, menurut data China State Railway Group Co., Ltd.

Jumlah tersebut diperkirakan akan membuat rekor tertinggi baru menyangkut arus harian penumpang, menurut perusahaan tersebut.

China mencatat permintaan yang kuat untuk perjalanan selama masa liburan Hari Buruh, yang menjadi liburan panjang pertama setelah libur Festival Musim Semi selama tujuh hari yang berlangsung pada akhir Januari tahun ini.

Sekitar 120 juta perjalanan domestik diperkirakan akan dilakukan oleh penumpang kereta di China mulai 27 April hingga 4 Mei, atau sekitar masa liburan Hari Buruh, menurut data sebelumnya.

Perkeretaapian China terus memaksimalkan potensi transportasi mereka dan meningkatkan kapasitas guna memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat, sekaligus meningkatkan kualitas layanan untuk menjamin penumpang mendapatkan pengalaman lebih baik.

Perkiraan terpisah yang dikeluarkan oleh Kementerian Transportasi China memproyeksikan bahwa jumlah perjalanan penumpang pada hari pertama liburan itu akan mencapai 56,99 juta, melonjak 151,8 persen dari hari yang sama tahun lalu.

Perjalanan darat diperkirakan akan melonjak sebesar 98,8 persen menjadi 34,5 juta, sementara perjalanan udara akan melejit 441,8 persen menjadi 2,04 juta, sementara volume penumpang kapal naik 86,2 persen menjadi 950.000 orang.

Arus kendaraan penumpang di jalan tol juga diperkirakan akan tumbuh 120,03 persen menjadi 56,35 juta unit.  

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023