Hanoi (ANTARA) - Seychelles berharap kerja sama bilateral dengan Vietnam terus meningkat di segala bidang, terutama di bidang pariwisata, telekomunikasi, perdagangan, investasi, dan perikanan.

Saat menemui Duta Besar Vietnam untuk Mozambik dan Seychelles yang baru, Pham Hoang Kim, Presiden Seychelles Wavel Ramkalawan mengungkapkan kekagumannya pada perjuangan rakyat Vietnam dalam meraih kemerdekaan dan kebebasan.

Dia juga memberikan selamat kepada Vietnam atas perkembangan sosial ekonominya yang mengesankan, selain peningkatan peran dan prestisenya di ajang internasional.

Pada pertemuan itu, Dubes Kim balas memuji peran posisi Seychelles di Afrika dan dunia.

Ia mengaku optimistis kepemimpinan Presiden Ramkalawan dapat membawa negara kepulauan di Afrika tersebut ke berbagai pencapaian penting dalam pembangunan dan pengembangan nasional.

Ia juga menyatakan bahwa Vietnam selalu menghargai persahabatan dan kerja sama baik dengan negara-negara Afrika, khususnya Seychelles.

Untuk itu, kata dia, Vietnam sangat antusias untuk terus mempererat hubungan tersebut.

Kim juga menyampaikan salam dari sejumlah pemimpin Vietnam kepada Presiden Ramkalawan.

Pada hari yang sama, Kim juga menggelar pertemuan dengan Wakil Presiden Ahmed Afif, Menteri Luar Negeri Sylvestre Radegonde, dan sejumlah menteri lainnya, serta Gubernur Ibu Kota Victoria dan Presiden Kamar Dagang dan Industri Seychelles (SCCI).

Pertemuan itu berbuah kesepakatan terkait penguatan hubungan bilateral, khususnya meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, dan pariwisata yang akan dijadikan prioritas di masa depan.

Kim mengusulkan agar Seychelles menciptakan kondisi yang baik bagi Vietnam untuk meningkatkan ekspor berbagai produk yang dibutuhkan Seychelles.

Dia juga mengusulkan agar kedua negara berkoordinasi dalam finalisasi kerangka hukum yang akan memfasilitasi kerja sama bilateral lewat penyelesaian negosiasi, penandatanganan dan ratifikasi sejumlah perjanjian kerja sama.

Di sisi lain, Seychelles menyatakan persetujuannya untuk terus bekerja sama dengan Vietnam di berbagai forum internasional, khususnya di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan membantu Vietnam dalam upaya memperkuat hubungan dengan Uni Afrika.

Sumber: VNA
​​​​​​​
Baca juga: Vietnam, Uruguay akan tingkatkan kerja sama di bidang olahraga
Baca juga: Wakil Menlu Vietnam temui Menlu Argentina

Penerjemah: Tegar Nurfitra
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023