Jakarta (ANTARA News) - Rocker asal Amerika Serikat Bruce Springsteen (63) dinobatkan menjadi Tokoh Tahun Ini oleh MusiCares sebagai penghargaan atas capaian bidang seni dan kedermawanannya.

Menurut Recording Acedemy, penghargaan itu akan diberikan kepada Springsteen pada 8 Februari, dalam sebuah acara di Los Angeles yang dipandu oleh komedian Jon Stewart.

Penyanyi yang dijuluki "The Boss" itu aktif mendukung berbagai acara amal dalam beberapa tahun ini, termasuk yang ditujukan bagi para tunawisma, veteran dan upaya memerangi kelaparan, demikian laporan Reuters.

Tahun lalu penyanyi asal New Jersey itu mengadakan konser amal untuk membantu korban Badai Sandy.

Dia kerap menjadikan daerah asalnya sebagai inspirasi dan menjadikan kedudukannya sebagai figur publik untuk kepentingan daerah, seperti yang dia lakukan untuk korban Badai Sandy, yang menghancurkan pantai New Jersey bulan Oktober tahun lalu.

MusiCares, yang dibentuk Recording Academy tahun 1989, menyelenggarakan berbagai program untuk komunitas musik, termasuk bantuan finansial, seminar, dan lainnya.

Musisi yang pernah mendapat gelar Tokoh Tahun Ini dari MusiCares antara lain Tony Bennet, Bono, Phill Collins, Neil Diamond, Aretha Franklin, Billy Joel, Elton John, Sting, Paul McCartney, Luciano Pavarotti, dan Barbra Streisand.

(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013