Untuk pengendara roda dua atau sepeda motor jauh lebih tertib untuk pemesanan tiket karena telah memesannya jauh-jauh hari, khususnya untuk keberangkatan dari Pelabuhan Panjang, Ini yang kami apresiasi,
Bandarlampung (ANTARA) - Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menyebutkan bahwa pemilir motor lebih tertib dalam pemesanan tiket perjalanan penyeberangan pada arus balik Lebaran 1444 Hijriah.

"Untuk pengendara roda dua atau sepeda motor jauh lebih tertib untuk pemesanan tiket karena telah memesannya jauh-jauh hari, khususnya untuk keberangkatan dari Pelabuhan Panjang, Ini yang kami apresiasi," katanya di Bandarlampung, Ahad.

Ia mengatakan bahwa dari kuota sebanyak 1.000 unit sepeda motor yang disediakan hingga H+8 Lebaran 1444 Hijriah, pemilir motor yang sudah melakukan reservasi hingga kini sekitar 68 persen.

"Untuk yang hari ini berangkat, ada 404 motor dari kapasitas kapal Pelni KM Dobonsolo sekitar 700 unit kendaraan roda dua," kata dia.

Ia mengatakan bahwa pada arus balik ini, Pelabuhan Panjang memang dikhususkan oleh Kementerian Perhubungan sebagai alternatif penyeberangan bagi roda dua, guna memecah kepadatan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

"Kalau kami lihat untuk di Pelabuhan Panjang tidak ada kendala, hal ini karena pemilir memang sudah memesan tiket sejak jauh-jauh hari," katanya.

Ia menambahkan bahwa secara keseluruhan arus balik di Pelabuhan Bakauheni dan Panjang berjalan ramai lancar dan tertib.

"Data hingga pukul 08.00 WIB tadi jumlah kendaraan yang sudah balik ke Pulau Jawa sekitar 147.586 ribu unit dengan jumlah penumpangnya sekitar 665.072," katanya.

Sehingga, katanya, pada arus balik ini sekitar 69 persen pemilir sudah kembali ke Pulau Jawa dan ada sekitar 31 persen lagi kendaraan yang belum menyeberang ke Pulau Jawa.

"Jadi kami masih terus memantau situasi arus balik terutama di Bakauheni, karena memang hari ini diprediksi puncak arus balik kedua. Namun alhamdulillah tahun ini arus balik ramai lancar dan tertib," katanya.

Sebelumnya, pada keberangkatan pertama KM Dobonsolo, terdapat 101 pemilir bersepeda motor berangkat dari Pelabuhan Panjang, Bandarlampung yang dijadikan alternatif penyeberangan pada arus milir Lebaran 1444 Hijriah ini menuju Pelabuhan Ciwandan, Provinsi Banten, demikian Shelvy Arifin.

Baca juga: H+7, ratusan pemilir motor mulai manfaatkan Pelabuhan Panjang

Baca juga: 2.092 pemilir bersepeda motor pulang ke Jakarta naik KM Dobonsolo

Baca juga: Ribuan pemilir motor gratis tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Baca juga: Dinkes Lampung: Pemudik motor perhatikan kondisi anak saat arus balik

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023