Jakarta (ANTARA) - Terminal bayangan Sumber Arta yang terletak di Jalan Inspeksi Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat, masih ramai pemudik tujuan beberapa daerah di Pulau Jawa pada H+8 Idul Fitri 1444 Hijriah, Minggu.

Salah satu pemudik asal Pondok Kelapa, Sadiyah (45) mengaku berangkat ke kampung halamannya pada Minggu usai berjualan.

"Baru bisa mudik karena kemarin pas Lebaran jualan nasi dulu," kata Sadiyah yang sehari-hari berjualan nasi uduk di sekitar Pondok Kelapa.

Salah satu penjual tiket bus di Agen Resmi Bus Cepat Sumber Arta, Yudhi mengaku semua tiket bus masih terjual hingga Minggu dan Senin (1/5).

"Masih banyak yang mudik, terutama tujuan Solo dan Semarang. Ke Bali juga masih ada tapi memang tidak sebanyak yang ke arah Jawa," katanya.

Baca juga: Pemilir kendaraan pribadi di Kalimalang pada H+8 terpantau landai
Baca juga: Heru bersama Menhub pantau arus balik di tiga stasiun kereta api


Selain arus balik, pemilir yang turun di Terminal Sumber Arta juga terpantau padat. Salah satu pemilir, Mustofa (41) mengaku seluruh tempat duduk terisi penuh sejak ia naik di Terminal Tegal, Jawa Tengah.

"Masih penuh tadi di bus, kemungkinan banyak yang baru pulang mudik setelah Lebaran seperti saya. Saya baru mudik hari Senin setelah Lebaran, jadi baru ke Jakarta lagi hari ini," katanya.

Ia juga bersyukur perjalanan dari Tegal sampai Bekasi terbilang cepat karena terbantu kebijakan "One Way" sehingga hanya menempuh 4,5 jam perjalanan.

Adapun Terminal Sumber Arta merupakan salah satu terminal bayangan yang mengangkut penumpang menuju Solo, Tegal, Pekalongan, Pemalang dan berbagai tujuan lainnya.

Biasanya, bus tersebut berangkat dari Terminal Pulo Gebang, kemudian transit di Terminal Sumber Arta untuk mengangkut penumpang.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023