Seoul (ANTARA News) - Bintang pop Korea Selatan, Rain, akan dikenai sanksi setelah ketahuan melanggar peraturan wajib militer saat berkencan.

Menurut Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Kim Min-Seok, aktor dan penyanyi berusia 30 tahun itu akan menghadapi sebuah komite disiplin militer pekan mendatang.

"Meskipun begitu, dia tidak akan dipenjara," kata Kim seperti dikutip AFP.

Rain sedang menjalani dua tahun wajib militer, yang diwajibkan bagi semua pria Korea Selatan. Dia dianggap menyalahi aturan karena tidak mengenakan baret tentara di luar area wajib militer.

Dia tidak mengenakan baret di luar area wajib militer dan "bertemu secara pribadi" dengan sang aktris tiga kali saat kembali dari tugas resmi, kata juru bicara Kim.

Salah satu foto di tabloid menampilkan Rain (30) sedang berkencan dengan aktris Kim Tae-Hee, bintang film "Stairway to Heaven", dalam seragam militer namun tidak mengenakan baret tentaranya.

Setelah foto itu menyebar, situs kementerian dibombardir dengan pesan agar pria bernama asli Jung Ji-Hoon itu dihukum.

Wajib militer adalah hal yang sangat serius di Korea Selatan. Selain orang yang punya keterbatasan fisik, semua pria yang menolak ikut wajib militer diancam hukuman penjara.

Penyanyi berdarah Korea-Amerika Steve Yoo mengganti kewarganegaraannya dari Korea Selatan menjadi Amerika Serikat saat akan dipanggil untuk wajib militer pada 2002. Pemerintah Korea Selatan menganggap itu pembelotan kemudian mendeportasi Steve Yoo dan melarang dia kembali ke Korea seumur hidup.

(nan)

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013