Jakarta (ANTARA) - Jumlah pemilir (penumpang yang kembali ke hilir) yang turun di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta mengalami penurunan pada Minggu (30/4) siang WIB, demikian dipantau dari Posko Monitoring Angkutan Lebaran 2023 per pukul 18.00 WIB.

Seturut data yang ada, saat ini diketahui terdapat 3.075 penumpang yang telah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, dari 24 penerbangan. Sedangkan terdapat 2.961 penumpang yang terbang dari Bandara Halim Perdana Kusuma, yang terbagi dalam 26 penerbangan.

"Terdapat lima kota asal yang paling banyak tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma hari ini, yakni Denpasar, Palembang, Surabaya, Kualanamu, dan Malang," kata Executive General Manager Bandara Halim Perdana Kusuma Kolonel Nav Insan Nanjaya.

Para calon penumpang juga masih dapat membeli tiket secara langsung di Bandara Halim Perdana Kusuma atau on the spot. Terdapat dua maskapai yang menjual tiket secara on the spot yakni Batik Air dan Citilink.

Untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan jumlah penumpang, pengelola Bandara Halim Perdana Kusuma juga menyediakan penambahan moda transportasi. Selain angkutan reguler seperti taksi puskopau, bus Damri, dan Bus Lorena, kini perusahaan taksi Blue Bird juga dapat beroperasi di bandara tersebut. Ada pun jumlah taksi Blue Bird yang beroperasi di sana adalah sebanyak 20 unit.

Secara total terhitung sejak tanggal 12 April sampai hari ini, Bandara Halim Perdana Kusuma telah menerima kedatangan 97.557 penumpang. Sedangkan jumlah penumpang yang terbang dari Bandara Halim Perdana Kusuma dalam rentang waktu yang sama adalah 114.453 orang.

Jumlah kedatangan tertinggi terjadi pada 25 April yakni 8.745 penumpang. Setelah itu jumlah penumpang datang sempat mengalami sedikit naik dan turun, yakni 8.447 penumpang (26/4), 6.777 penumpang (27/4), 6.898 penumpang (28/4), dan 7.743 penumpang (29/4).

Baca juga: 35 ribu kendaraan tinggalkan Kalikangkung sejak pagi hingga petang
Baca juga: Pengamat transportasi sebut kelancaran arus mudik termasuk baik

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023