Koordinasi yang dilakukan pada tahun ini terbukti memperlancar arus mudik dan arus balik di lapangan
Medan (ANTARA) - Kementerian Perhubungan mengapresiasi koordinasi solid antarpihak di Pelabuhan Belawan selama masa arus mudik dan balik yang dinilai berbuah pelayanan maksimal kepada penumpang.

"Koordinasi yang dilakukan pada tahun ini terbukti memperlancar arus mudik dan arus balik di lapangan," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Lollan Panjaitan kepada ANTARA di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, Medan, Minggu.

Baca juga: Pelni: 3.741 penumpang Kelud berangkat dari Belawan ke Batam 30 April

Lollan mengunjungi dan memantau aktivitas di Terminal Penumpang Bandar Deli pada Minggu (30/4), tepat pada puncak arus balik di Pelabuhan Belawan, di mana 3.731 penumpang berangkat ke Batam dengan menumpang KM Kelud.

Didampingi beberapa petinggi pemangku kepentingan terkait seperti Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon, Kepala cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana dan GM Pelindo Regional I Belawan Jonedi Ramli, Lollan melihat langsung sirkulasi masuk penumpang di pelabuhan tersebut.

Selain itu, dia juga masuk ke KM Kelud untuk mengecek kesiapan kapal tersebut mengangkut ribuan penumpang.

"Hari ini, di atas kertas, jumlah penumpang cukup maksimal yakni sekitar 3.700 orang. Namun, semuanya bisa tertangani dengan baik. Inilah hasil dari koordinasi," kata Lollan.

Melihat situasi demikian, pemegang gelar master teknik elektro dari Institut Teknologi Bandung itu meminta semua pihak di Pelabuhan Belawan untuk tidak menurunkan standar pelayanan.

Semua penumpang, dia melanjutkan, harus mendapatkan perhatian dan kenyamanan yang sama.

"Petugas harus tetap menjaga kondisi maksimal ini," tutur Lollan.

Sementara untuk penumpang, Lollan meminta agar mempersiapkan perjalanannya dengan teliti demi lancarnya proses masuk ke kapal.

"Karena semua sudah 'online', penumpang mesti mempersiapkan tiket dan lainnya sebelum berangkat ke pelabuhan. Penumpang juga wajib mengikuti instruksi dari petugas," ujar Lollan.

Baca juga: Pelni Medan bersiap hadapi arus balik di Pelabuhan Belawan
 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023