Bandung (ANTARA) -
Jalur arteri yang menghubungkan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, dengan Kabupaten Cianjur, masih ramai oleh kendaraan, namun arus kendaraan tetap  lancar di Hari Minggu malam atau H+7 Lebaran 2023 ini.

Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat Didin Muslihuddin mengatakan ramainya jalur tersebut kemungkinan karena adanya arus balik susulan atau gelombang dua cuti panjang Idul Fitri 1444 Hijriah pada akhir pekan ini.

"Jalur lumayan ramai dari pagi sampai malam ini. Kemungkinan itu adalah arus balik susulan seperti yang diprediksi oleh pemerintah pusat," kata Didin di Bandung Barat, Minggu.

Untuk keramaian lalu lintas pada periode arus balik ini, kata Didin, terjadi di dua arah baik Timur ke Barat yakni dari Bandung mengarah ke Cianjur, maupun dari sebaliknya.

Untuk dari Timur ke Barat, kata dia, didominasi oleh kendaraan roda dua yang akan menuju sekitaran Purwakarta, Karawang ataupun Jabodetabek dengan melalui jalur Cikalong ataupun Jonggol.

"Untuk roda dua biasanya ramai pada siang hari yang bertujuan sampai ke Jabodetabek, untuk malam biasanya yang dekat-dekat dengan Padalarang," katanya.

Adapun dari arah Barat ke Timur,  kendaraan yang melintas jalur arteri ini didominasi kendaraan roda dua dan roda empat pribadi selepas mudik ke arah Cianjur atau daerah Sukabumi.

"Jadi sebenarnya di kedua arah jalur ini ramai baik arus mudik, ataupun arus balik," ucapnya.

Untuk Rekayasa Lalu lintas, tambah dia, dilakukan situasional jika kendaraan padat, seperti kanalisasi di pertigaan Tagog, Padalarang, ataupun buka tutup arus.

Berdasarkan catatan pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, pada tanggal 30 April 2023 dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, kendaraan dari arah Timur ke Barat sebanyak 25.167 unit dengan terbanyak adalah sepeda motor sebanyak 17.464 unit, disusul mobil pribadi sebanyak 6.360 unit.

Sedangkan arah Barat ke Timur, kendaraan yang melintas pada periode waktu yang sama, sebanyak 30.086 kendaraan dengan yang terbanyak adalah sepeda motor sebanyak 15.987 unit, disusul mobil pribadi 12.058 unit.

Adapun, pada periode arus balik ini, kendaraan yang melintas jalur arteri Padalarang-Cianjur ini yang tertinggi terjadi pada tanggal 25 April 2023, di mana kendaraan yang melintas dari arah Timur ke Barat sebanyak 41.781 unit dengan terbanyak adalah sepeda motor sebanyak 25.466 unit, disusul mobil pribadi sebanyak 14.574 unit.

Sedangkan arah Barat ke Timur, kendaraan yang melintas pada periode waktu yang sama, sebanyak 37.044 kendaraan dengan yang terbanyak adalah sepeda motor sebanyak 20.488 unit, disusul mobil pribadi 14.098 unit.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023