Olehnya itu, peran Pelni di dalam membangun kebesaran Kota Baubau ini tidak bisa dipungkiri
Kendari (ANTARA) - Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, La Ode Ahmad Monianse menyebut bahwa peran PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dalam pertumbuhan perekonomian sangat signifikan bagi daerah itu.

Menurut Ahmad Monianse, di Baubau, Senin, letak Baubau yang memiliki garis perairan yang laut lebih luas menjadikan aktifitas armada kapal memberikan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi khususnya sektor jasa perhubungan.

"Kota Baubau tidak punya dibandingkan dengan kota lain yang mempunyai tambang, punya aspal, punya nikel. Kota Baubau hanya mengandalkan sektor jasa karena sektor jasa yang paling kuat. Olehnya itu, peran Pelni di dalam membangun kebesaran Kota Baubau ini tidak bisa dipungkiri," ujarnya.

Baca juga: Pelni Baubau mencatat penumpang arus balik H+4 capai 3.673 orang

Sehari sebelumnya (30/4), Walikota Ahmad Monianse juga menghadiri Tasyakuran HUT ke-71 PT Pelni (Persero) tahun 2023, di kantor PT Pelni Cabang Baubau.

Wali Kota Baubau juga menyampaikan atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat daerah itu menyampaikan selamat ulang tahun ke-71 kepada Pelni.

"Kita menyampaikan doa terbaik dari masyarakat dan pemerintah agar Pelni tetap jaya dan memberikan pelayanan terbaiknya di nusantara dan terus di kota kita ini. Di Baubau kurang lebih 38 tahun, Pelni sudah menunjukkannya di usia ke -71 tahun bisa melihat hampir tidak ada lagi pulau-pulau yang tidak tersambung oleh jalur jalur Pelni," katanya.

Ia juga melanjutkan, bahwa kini Pelni benar-benar telah amanah sebagai sebuah perusahaan pelayaran di bawah Kementerian BUMN, telah menjalankan amanah dari undang undang agar masyarakat bisa lebih sejahtera dari sisi pelayaran dan terbentuk dari transportasi yang lain.

Dikatakannya, tumbuh berkembangnya Pelni sudah menjadi cita-cita bangsa yang perlu diwujudkan.

"Pelni sudah menambah pelayanan untuk penumpang. Jadi ini kebanggaan dan Pelni bekerja hanya untuk melayani masyarakat Indonesia," katanya.

Ahmad Monianse juga memberikan apresiasi kepada Pelni Baubau atas kelancaran dan ketertiban pelaksanaan mudik Idul Fitri 2023 dan tidak ada hal yang negatif dalam pelaksanaan.

Dalam Tasyakuran PT Pelni itu juga digelar doa bersama dan santunan anak yatim piatu serta pemotongan tumpeng oleh Kancab Pelni Baubau dan diserahkan ke Walikota dan pimpinan Instansi terkait yakni pimpinan KSOP Kelas II Baubau, Komandan Pol AL, Kapolsek KP3, pimpinan travel, tokoh masyarakat, pegawai Pelni purnabakti, dan Ibu perisai Pelni.

Baca juga: Pelni Baubau sebut 11 kapal siap untuk layani angkutan lebaran 1444 H

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023