ini upaya Pemprov Sulbar membangkitkan kepariwisataan serta perekonomian di Pulau Karampuang dan Sulbar pada umumnya
Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik menyebutkan pembangunan dan pengoperasian Plaza Karampuang di Kabupaten Mamuju bertujuan untuk membangkitkan perekonomian daerah, terutama sektor pariwisata.

"Peluncuran Plaza Pulau Karampuang ini upaya Pemprov Sulbar membangkitkan kepariwisataan serta perekonomian di Pulau Karampuang dan Sulbar pada umumnya," kata Akmal Malik pada peluncuran Plaza Pulau Karampuang di Mamuju, Senin.

Peluncuran ditandai dengan pemukulan gendang sekaligus penandatanganan prasasti oleh Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi dan jajaran Forkopimda Sulbar.

Penjabat Gubernur mengatakan apa yang dilakukan merupakan bentuk kecil yang dapat dilakukan Pemerintah Provinsi Sulbar selanjutnya diserahkan kepada Pemkab Mamuju.

"Ini hanya permulaan, selanjutnya akan ditangani Bupati Mamuju. Apalagi Pulau Karampuang sebagai destinasi wisata yang menjadi pilihan sebab sangat indah dan masyarakatnya ramah," ucap Akmal Malik.

Keberhasilan pembangunan Plaza Karampuang, kata Akmal Malik, juga berkat dukungan dari TNI, yakni Korem 142 Tatag yang dapat menyelesaikan pembangunan dalam waktu 39 hari.

Baca juga: Menhub apresiasi Sulbar gandeng pihak swasta di bidang kelautan

"Saya juga berterima kasih karena di Pulau Karampuang ini juga dibangun Tugu Karampuang, termasuk 12 unit kios UMKM.
Warga yang dulu punya warung di sini kita prioritaskan dan diberikan gratis," ujar Akmal Malik.

Pemprov Sulbar, lanjutnya, juga akan melaksanakan kegiatan bulanan, sebagai pemantik untuk terus menggairahkan pariwisata daerah itu.

Ia meminta Dinas Pariwisata untuk berkoordinasi bersama seluruh dinas di kabupaten agar melaksanakan kegiatan di Pulau Karampuang.

Penjabat Gubernur mengatakan sektor wisata tersebut akan memicu perekonomian yang ada di Pulau, termasuk ketersediaan listrik dan pengelolaan sampah.

"Ini adalah kolaborasi antara pemerintah kabupaten dan provinsi. Kita ingin spot ini bisa memberikan contoh untuk bagaimana memicu sektor lain di Sulbar," terang Akmal Malik.

Sementara, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengaku bahagia karena Pulau Karampuang kini kembali ramai dikunjungi.

"Ini semua atas inisiasi Penjabat Gubernur membangun Pulau Karampuang. Pemkab juga ada aset di sini dan kami serahkan tanah pemkab ke Pemprov Sulbar. Ini adalah kolaborasi yang baik dan bisa kita nikmati bersama," ucap Sutinah.

Ia berharap apa yang dibangun dapat dimanfaatkan masyarakat Pulau Karampuang.

"Apalagi dengan adanya Plaza Karampuang dapat meningkatkan perekonomian dan membantu para pelaku UMKM," kata Sitti Sutinah Suhardi.

Acara peluncuran Plaza Karampuang tersebut juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan, seperti festival dayung, jambore wisata bahari, tour sepeda Karampuang, peragaan busana serta pameran produk UMKM.

Baca juga: Inflasi Sulbar terendah se-Indonesia

Baca juga: Gubernur Sulbar: Minyak goreng Mandar potensi jadi unggulan daerah

Pewarta: Amirullah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023