perayaan hari buruh melalui forum komunikasi yang harmonis tanpa harus turun ke jalan, terlebih masih dalam suasana Idul Fitri
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat merayakan Hari Buruh Internasional atau dikenal 'May Day' bersama sejumlah perwakilan serikat pekerja serta asosiasi pengusaha secara harmonis di Hotel Sahid Jaya Cikarang.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan peringatan Hari Buruh tingkat Kabupaten Bekasi ini merupakan momentum kebersamaan antara pemerintah daerah bersama serikat pekerja dan pengusaha dalam menjalin komunikasi sekaligus meningkatkan sinergitas demi tercipta Hubungan Industrial Pancasila.

"Hari Buruh itu penghargaan, pengakuan dari kita semua terhadap kontribusi pekerja di manapun berada. Di sisi lain tentu harus ada feedback dari pekerja dalam bentuk rasa memiliki terhadap perusahaan, ikut memajukan perusahaan. Nah timbal balik seperti itulah yang disebut Hubungan Industrial Pancasila," katanya di Cikarang, Senin.

Ia mengatakan perayaan hari buruh melalui forum komunikasi yang harmonis tanpa harus turun ke jalan, terlebih masih dalam suasana Idul Fitri, diharapkan mampu merajut serta meningkatkan kembali rasa kebersamaan.

Memperingati 'May Day' tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bekasi menekankan arti penting Hubungan Industrial Pancasila demi menjaga keharmonisan pola pekerjaan.

"Pekerja bisa berkarir atau bekerja kalau ada perusahaan, itulah hubungan simbiosis mutualisme yang harus terjalin antara pekerja dan pengusaha dengan difasilitasi pemerintah. Pengusaha menyadari peran penting dan kontribusi pekerja sehingga kita penuhi hak-haknya, kita berikan keamanan dan sebagainya," katanya.

Dirinya juga menyatakan melalui aspirasi yang masuk melalui forum tersebut, pemerintah daerah siap membantu pekerja dalam upaya meningkatkan kompetensi melalui pendidikan serta pelatihan.

Menurut dia kegiatan peningkatan kompetensi tersebut bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan pengusaha akan keterampilan pekerja sekaligus meningkatkan kesejahteraan pekerja.

"Kesejahteraan melalui koperasi, pelayanan jaminan kesehatan, jaminan ketenagakerjaan. Akan terus kita dorong sehingga Kabupaten Bekasi sebagai kawasan industri besar juga menjadi percontohan bagi Hubungan Industrial Pancasila ini," kata dia.
Baca juga: Empat orang buruh di Kalsel dapat doorprize umroh saat May Day
Baca juga: Menko PMK: Mayoritas buruh di Indonesia generasi sandwich
Baca juga: Akademisi: Momen Hari Buruh tepat perjuangkan kesejahteraan kolektif


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023