Washington (ANTARA) - Regulator Amerika Serikat menyita First Republic Bank dan menjual asetnya ke JPMorgan Chase & Co pada Senin (1/5/2023), dalam kesepakatan untuk menyelesaikan kegagalan bank AS terbesar sejak krisis keuangan 2008 dan menghentikan gejolak perbankan berkepanjangan.

First Republic adalah salah satu pemberi pinjaman regional AS yang paling terpukul oleh krisis kepercayaan di sektor perbankan pada Maret, ketika deposan melarikan diri secara massal dari bank kecil ke raksasa seperti JPMorgan karena mereka panik atas runtuhnya dua bank menengah AS lainnya.

Bank telah tertatih-tatih sejak saat itu, tetapi investor melarikan diri lagi minggu lalu, ketika mengungkapkan lebih dari 100 miliar dolar AS arus keluar pada kuartal pertama dan rencana untuk menjajaki opsi baru.

Hampir seminggu kemudian, regulator California pada Senin (1/5/2023) menyita First Republic dan memasukkannya ke dalam kurator FDIC di samping penjualan asetnya, menandai kegagalan bank besar AS ketiga dalam dua bulan dan yang terbesar sejak Washington Mutual pada tahun 2008.

Saham JPMorgan naik 2,0 persen pada Senin (1/5/2023), sementara saham bank kelas menengah turun dan Indeks Perbankan Regional KBW ditutup turun 2,7 persen. Pemegang saham First Republic akan terhapus dalam transaksi tersebut, kata analis Wedbush. Saham bank jatuh 43,3 persen dalam perdagangan premarket pada Senin (1/5/2023) sebelum dihentikan.

JPMorgan akan membayar 10,6 miliar dolar AS kepada Federal Deposit Insurance Corp (FDIC) AS sebagai bagian dari kesepakatan untuk mengendalikan sebagian besar aset bank yang berbasis di San Francisco itu dan mendapatkan akses ke basis nasabah kaya yang didambakan First Republic.

"Pemerintah kami mengundang kami dan yang lainnya untuk melangkah, dan kami melakukannya," kata Jamie Dimon, Ketua dan CEO JPMorgan, yang juga menjadi pemain kunci dalam krisis keuangan 2008 dan membeli Bear Stearns dalam penyelamatan akhir pekan.

Kesepakatan itu akan membebani Deposit Insurance Fund FDIC sekitar 13 miliar dolar AS, menurut perkiraan awal regulator.

Presiden AS Joe Biden pada Senin (1/5/2023) memuji kesepakatan untuk melindungi deposan tanpa membuat pembayar pajak membayar tagihan. Dia mengulangi seruannya untuk pengaturan dan pengawasan bank yang lebih kuat.

"Tindakan ini akan memastikan bahwa sistem perbankan aman dan sehat," kata Biden dalam sebuah acara di Gedung Putih. "Kritis, pembayar pajak bukanlah orang-orang yang terikat."

Gedung Putih memuji tindakan "tegas" yang diambil oleh regulator untuk melindungi deposan dan menjaga stabilitas sistem perbankan. Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan tindakan itu juga akan memastikan bahwa First Republic, yang menurutnya, "salah urus" akan dimintai pertanggungjawaban.

Para analis dan eksekutif industri mengatakan kesepakatan itu -- yang dicapai pada akhir pekan setelah FDIC menjalankan proses lelang yang membuat beberapa bank lain menawar -- akan menenangkan pasar. Tetapi mereka menambahkan bahwa itu harus dibayar mahal: bank-bank terbesar semakin kuat sementara bank-bank kecil semakin sulit untuk melakukan bisnis.

Dennis Kelleher, CEO kelompok reformasi Wall Street Better Markets, mengatakan hasil lelang menunjukkan "konsolidasi yang tidak sehat, persaingan tidak adil, peningkatan berbahaya pada bank yang terlalu besar untuk gagal - semuanya merugikan bank komunitas, pinjaman usaha kecil, dan pertumbuhan ekonomi."

JPMorgan sudah memegang lebih dari 10 persen dari total simpanan bank nasional. Wells Fargo dalam sebuah catatan penelitian mengatakan bahwa simpanan bersih JPM akan meningkat sebesar 3,0 persen sebagai hasil dari kesepakatan tersebut.

"Kami membutuhkan bank-bank besar dan sukses dalam ekonomi terbesar di dunia," kata Dimon kepada wartawan melalui konferensi telepon. "Kami memiliki kemampuan untuk melayani klien kami, yang dapat berupa kota, sekolah, rumah sakit, pemerintah. Kami bank IMF, Bank Dunia. Dan siapa pun yang berpikir Amerika Serikat seharusnya tidak memilikinya dapat menghubungi saya secara langsung."

Jane Fraser, CEO rival Citigroup, memuji kesepakatan tersebut sebagai penyelesaian sumber ketidakpastian utama terakhir untuk sektor ini setelah periode kekacauan.

"Jangan menodai semua bank regional dan kecil karena memiliki masalah besar," kata Fraser dalam sebuah konferensi.

"Ini bukan krisis keuangan dunia, ini bukan krisis simpan pinjam. Akan ada tekanan, tapi mari kita fokuskan pada tempatnya."


Baca juga: First Republic terima talangan 30 miliar dolar dari 11 bank besar AS
Baca juga: JPMorgan didenda 850.000 dolar, karena dugaan kegagalan pelaporan swap
Baca juga: Bank-bank besar AS peringatkan resesi karena inflasi rugikan konsumen


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023