Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama diperkirakan akan mengumumkan  mantan senator Chuck Hagel sebagai Menteri Pertahanan pada pekan depan.

Menurut media seperti CNN dan Majalah Foreign Policy, yang  mengutip sumber pemerintah, menyebut pengumuman tersebut bisa dilakukan pada Senin atau Selasa. Para pejabat Gedung Putih tak bersedia mengkonfirmasi laporan itu.

Nama Hagel telah mencuat sebagai calon kuat Menteri Pertahanan pada Desember, tapi dia ditentang kelompok pro-Israel. Beberapa senator Republik juga menyampaikan penentangan mereka.

Hagel telah mengeluarkan komentar bahwa lobi Yahudi mengintimidasi warga di Washington, dan telah menyampaikan kesediaan untuk terlibat secara diplomatik dengan HAMAS serta Iran.

Hagel juga menghadapi kecaman dari kelompok pendukung hak kaum gay sehubungan dengan komentarnya pada 1998 mengenai calon duta besar gay. Hagel meminta ma`af atas semua komentar tersebut.

Hagel (66) adalah tokoh moderat Republik. Ia menjadi senator selama dua masa jabatan 1997 sampai 2009 untuk wilayah Nebraska, dan sekarang menjadi pemimpin Dewan Penasehat Intelijen Presiden.

Menurut laporan yang beredar, calon lainnya   adalah Michele Flournoy --mantan wakil menteri pertahanan urusan kebijakan-- dan Ashton Carter, wakil menteri pertahanan.

(C003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013