Inflasi yang terjaga di semua daerah, khususnya di daerah tujuan mudik, membantu masyarakat menjaga daya beli mereka dan bisa melakukan konsumsi dengan baik
Jakarta (ANTARA) - Ekonom sekaligus Direktur Center of Reform of Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan terjaganya inflasi di berbagai kota destinasi mudik dapat membantu masyarakat di daerah.

“Inflasi yang terjaga di semua daerah, khususnya di daerah tujuan mudik, membantu masyarakat menjaga daya beli mereka dan bisa melakukan konsumsi dengan baik,” kata Piter saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Dengan meningkatnya daya beli, lanjut Piter, akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah dan nasional.

Oleh karena itu, Piter merespons positif upaya pemerintah mengelola inflasi pada April 2023 yang berbarengan dengan periode Lebaran. Ia berpendapat tingkat inflasi bulanan April 2023 yang sebesar 0,33 persen, turun dari catatan periode yang sama tahun lalu sebesar 0,40 persen, menunjukkan keberhasilan pemerintah dalam menjaga inflasi pada level yang cukup rendah secara konsisten.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi penurunan tingkat inflasi di kota-kota destinasi mudik selama periode lebaran. Misalnya, Semarang mengalami penurunan inflasi menjadi 0,27 persen pada periode Lebaran tahun ini bila dibandingkan momen Lebaran tahun lalu yang inflasinya tercatat sebesar 0,53 persen.

Selain Semarang, penurunan inflasi juga terjadi di beberapa kota yang menjadi tujuan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Di Provinsi Jawa Timur, misalnya, Kota Malang mengalami penurunan inflasi dari 0,51 persen menjadi 0,24 persen, Surabaya dari 0,49 persen menjadi 0,34 persen.

Kemudian di Jawa Tengah, penurunan inflasi terlihat di Yogyakarta yang turun dari 0,75 persen menjadi 0,22 persen, Purwokerto dari 0,63 persen menjadi 0,27 persen, dan Surakarta dari 0,71 persen menjadi 0,27 persen.

Di Jawa Barat, penurunan inflasi terjadi di Bandung yang turun dari 0,37 persen menjadi 0,32 persen dan Tasikmalaya dari 0,76 persen menjadi 0,63 persen.

Penurunan inflasi di kota destinasi mudik juga terjadi di Pulau Sumatra. Sejumlah kota di Sumatra yang mengalami penurunan inflasi adalah Palembang dari 0,81 persen menjadi 0,33 persen serta Bandar Lampung dari 0,58 persen menjadi 0,30 persen.

Sementara itu, Padang dan Medan mengalami perubahan tren dari inflasi menjadi deflasi. Pada Mei 2022, Padang mencatatkan tingkat inflasi sebesar 1,38 persen. Kemudian pada April 2023, Padang mengalami deflasi sebesar 0,03 persen. Sedangkan Medan sebelumnya mengalami inflasi sebesar 0,76 persen, lalu berubah menjadi deflasi sebesar 0,20 persen.

Baca juga: BPS: Inflasi tahunan April 4,33 persen didominasi komoditas bensin
Baca juga: BPS: Permintaan komoditas pakaian dan alas kaki naik pada Lebaran 2023
Baca juga: Ekonom: Turunnya inflasi April 2023 bukti keberhasilan pemerintah

 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023