Jakarta (ANTARA) - Band rock legendaris asal Boston Amerika Serikat, Aerosmith, mengumumkan bahwa mereka menjadikan tur di 40 titik sepanjang musim gugur kali sebagai tur perpisahan usai menjalani karier dalam industri hiburan sepanjang lebih dari lima dekade.

Tur bertajuk "Peace Out" yang dimulai pada 2 September di Philadelphia, dijadwalkan akan rampung pada 26 Januari tahun depan di Montreal. Sementara pertunjukan di kampung halaman Boston dalam tur tersebut dijadwalkan akan digelar pada perayaan malam tahun baru.

Diumumkan secara resmi pada Senin (1/5) pagi, tidak ada nuansa sentimental 'menye-menye' alias tangis kesedihan dari ungkapan perpisahan band yang digawangi Steven Tyler (vokal), Tom Hamilton (bass), Joe Perry (gitar), dan Brad Whitford (gitar) tersebut.

"Ini bukanlah salam perpisahan, ini hanya ungkapan 'cabut dulu, ya'," tulis pernyataan resmi band seperti disiarkan Variety, Senin (1/5).

Pernyataan tur perpisahan Aerosmith itu juga mengandung ajakan bagi para penikmat musik untuk menghadiri konser tur band gaek yang terbentuk sejak tahun 1970 tersebut.

"Bersiap dan datanglah, Anda akan mendapatkan pertunjukan terbaik dari kami," tulis Aerosmith.

Meski pengumuman tersebut hanya mengacu pada perpisahan grup dari aktivitas tur, namun Aerosmith diketahui memang sudah tidak lagi masuk studio dan melahirkan karya baru selama lebih dari satu dekade terakhir.

Sebelumnya pada 2019, gitaris Joe Perry sempat mengungkapkan ia dan sejawatnya akan kembali ke studio dan merekam beberapa materi baru. Album terakhir Aerosmith yaitu "Music From Another Dimension!" dirilis pada 2012 silam.

Sedangkan rilisan terbaru "1971: The Road Starts Here" merupakan kumpulan demo pertama band. Pada tahun 2021, band ini telah menandatangani kesepakatan distribusi untuk katalog musik mereka dengan Grup Musik Universal yang mencakup album selama lima dekade yang awalnya dirilis oleh pihak label Columbia dan Geffen.

Baca juga: Aerosmith dan Universal Music Group jalin kerja sama baru

Baca juga: Joey Kramer, drummer Aerosmith absen di MusiCares?

Baca juga: Steven Tyler menepis rumor serangan jantung

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023