Jakarta (ANTARA) - Joey Kramer, drummer yang sudah bersama Aerosmith selama lima dekade dilarang tampil di panggung pra-Grammy, MusiCares Person of the Year Jumat ini.

Hal itu diputuskan di pengadilan Massachusetts pada Rabu (22/1).

Seperti diketahui Krammer menggugat rekan anggota band dia -- terdiri dari Steven Tyler, Joe Perry, Tom Hamilton dan Brad Whitford -- karena tidak mengizinkannya bermain setelah mengalami cacat sementara.

Kramer menilai dia sudah dalam kondisi cukup baik untuk tampil di residensi band Vegas pada musim gugur, tetapi menurut dokumen yang diajukan, anggota band lain menyatakan bahwa level permainan Kramer tidak dalam performa terbaik dan bersikeras Kramer setidaknya harus latihan selama dua minggu.

Baca juga: Joe Perry Aerosmith batalkan konser setelah dirawat di rumah sakit

Baca juga: Steven Tyler menepis rumor serangan jantung


Pada Juli 2019, band itu berpendapat bahwa Kramer tidak dapat mengoperasikan pedal dengan benar pada drumnya dan sejak itu dia tidak pernah tampil bersama mereka.

Selanjutnya, pengajuan mengungkapkan, Kramer memasuki fase rehabilitasi atas masalah ketergantungan tetapi ia meninggalkan lebih awal dan dianggap "bertentangan dengan rekomendasi dari penasihat kecanduannya."

Pengadilan memutuskan untuk menolak permohonannya berdasarkan perjanjian kerja tahun 1990 yang dibuat dengan anggota Aerosmith yang tidak secara khusus menangani penyakit sementara untuk meniadakan pelanggaran klaim kontraknya.

Lebih jauh, karena Kramer sebagai anggota band berbagi dalam pendapatannya -- dan MusiCares adalah konser amal untuk mengumpulkan dana bagi musisi yang membutuhkan bantuan kesehatan -- maka jika tidak tampil di acara tersebut, tidak berdampak negatif terhadap keuangannya dan juga tidak menciptakan hak baru.

Kramer sebelumnya mengatakan kepada TMZ, "Dilarang bermain bersama band yang telah saya dukung selama 50 tahun... Ini bukan tentang uang. Saya kehilangan kesempatan untuk diakui bersama rekan-rekan saya, atas kontribusi kolektif kami seumur hidup bagi industri musik. Bermain di MusiCares maupun Grammy tidak dapat diulang."

Dia melakukan perjalanan ke Los Angeles tepat waktu untuk latihan 20 Januari tetapi ditolak oleh keamanan, menyatakan hal itu berdasarkan keputusan Hakim Mark C Gildea.

Namun Kramer diundang untuk bergabung dengan band di karpet merah dan berpose untuk foto. Belum jelas apakah dia akan hadir.

Tokoh yang dijadwalkan memberikan tribute kepada Aerosmith di MusiCares yang dihelat 24 Januari 2020 di Los Angeles adalah Gary Clark Jr., Foo Fighters, H.E.R., John Legend, John Mayer, Alice Cooper, Jonas Brothers, Emily King dan Yola.

Aeromsith menjadi peraih penghargaan MusiCares yang ke-30 setelah Dolly Parton di awal tahun 2019 lalu.

Baca juga: Psy-Steven Tyler Aerosmith kolaborasi lagu baru

Baca juga: Mendiang Chris Cornell raih Grammy "posthumous" 2019

Baca juga: Bon Jovi umumkan kontes untuk pembuka konsernya


 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020