Selain menjadi tempat menginap, Hotel Ayana ini menjadi tempat welcoming dinner.
Labuan Bajo (ANTARA) - Hotel Ayana di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi lokasi perjamuan malam pembukaan (welcoming dinner) dan retreat session bagi para kepala negara ASEAN dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN/ASEAN Summit pada 10 Mei 2023.

"Selain menjadi tempat menginap, Hotel Ayana ini menjadi tempat welcoming dinner," kata Sekretaris Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumiati dalam Kunjungan Jurnalistik Persiapan KTT ke-42 ASEAN Kementerian Kominfo, di Hotel Ayana, Labuan Bajo, Selasa.

Welcoming dinner akan dihadiri oleh para kepala negara ASEAN dan tamu delegasi, usai pertemuan di Hotel Meruorah Labuan Bajo.

Sekitar 300 tamu delegasi akan menikmati menu khas Indonesia (Nusantara food) di venue yang sementara disiapkan dengan latar laut belakang hotel tersebut.

Sebanyak 26 jurnalis media nasional dan lokal telah terlibat dalam Kunjungan Jurnalistik Persiapan KTT ke-42 ASEAN Kementerian Kominfo di Labuan Bajo.

Dalam kunjungan ke Hotel Ayana Labuan Bajo, para jurnalis diterima oleh Hadi selaku penanggung jawab welcoming dinner tersebut.

Hadi menjelaskan tentang pembagian jalur yang harus dilewati oleh para kepala negara dan tamu undangan dalam acara makan malam nanti.

Para kepala negara nantinya akan melewati jalur yang telah dibentangi karpet merah menuju ke lantai dua dari lantai 11 hotel tersebut. Sedangkan para menteri luar negeri dan tamu undangan lain akan belok kanan menggunakan lift yang terpisah dari para kepala negara yang hadir.

Acara makan malam itu berlangsung di lantai dua Hotel Ayana Labuan Bajo yang berada di dekat kolam renang, tepat di pinggir pantai. Nantinya ada panggung yang terbangun dari atas laut untuk pertunjukan tari dan seni bagi para tamu yang hadir.

"Untuk pergerakan teman-teman media bergantung dari Biro Pers Istana ya, sejauh mana teman-teman boleh bergerak dan meliput, apakah cukup sampai kedatangan atau dinner-nya," kata Hadi menjelaskan.

Kunjungan Jurnalistik ke beberapa titik dalam KTT ke-42 ASEAN yang diikuti oleh para jurnalis itu bertujuan untuk meningkatkan penyebaran informasi terkait kesiapan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

Kegiatan tersebut juga mendorong partisipasi aktif jurnalis lokal dan nasional dalam mendiseminasikan informasi positif terkait KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT.
Baca juga: Indonesia siapkan media center KTT Ke-42 ASEAN di Hotel Bintang Flores
Baca juga: Wagub NTT: Tiga tarian tradisional disiapkan sambut tamu KTT ASEAN

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023