Penajam (ANTARA) -
Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Hamdam Pongrewa ajak masyarakat jaga kondusifitas keamanan untuk dukung pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Indonesia baru bernama Nusantara pada sebagian wilayah di daerah berjuluk Benuo Taka itu, yakni Kecamatan Sepaku.
 
"Masyarakat agar bisa berikan dukungan agar pembangunan IKN Nusantara bisa terlaksana dengan baik dan lancar," ujar Hamdam Pongrewa di Penajam, Selasa.

Saat ini, tambah dia, memang belum dapat dirasakan dari pembangunan IKN Indonesia baru tersebut, tetapi pada tahun-tahun selanjutnya dampak positif akan dirasakan.

Adanya pembangunan IKN Nusantara, lanjut dia, bisa membuat serapan tenaga kerja pada proyek pembangunan cukup tinggi, termasuk untuk warga Kabupaten Penajam Paser Utara.

Keberadaan IKN Indonesia baru bakal memberikan dampak positif yang cukup tinggi bagi kemajuan Provinsi Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Penajam Paser Utara.

Salah satu cara mendukung pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara tersebut, yakni masyarakat harus selalu menjaga keamanan dan ketertiban.

Kepala negara akan melakukan evaluasi ke berduaan IKN Indonesia baru di sebagian wilayah Kabupaten Paser Utara, menurut dia, apabila masyarakat tidak mau menjaga keamanan dan ketertiban di daerah itu.

"Bila kondusifitas keamanan tidak terjaga, maka akan pengaruhi proses pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara," ucapnya.

Proses pemindahan dan pembangunan IKN Indonesia baru yang sudah dilaksanakan pemerintah pusat, perlu mendapatkan dukungan khususnya dari masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ditunjuknya sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, yakni Kecamatan Sepaku sebagai kawasan inti IKN Nusantara tersebut sangat positif untuk pembangunan daerah menjadi lebih baik.

"Kami minta kepada seluruh masyarakat ikut sukseskan pembangunan IKN Indonesia baru," kata Hamdam Pongrewa.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023