"Saat ini sudah tiba di Magetan, tempat kelahiran Pak Dahlan."
Jakarta (ANTARA News) - "Pak Dahlan hanya sempat kacamatanya terlepas, namun kemudian ditemukan lagi," demikian keterangan Faisal Halimi saat menjelaskan mobil listrik Tucuxi yang dikendarai Menteri BUMN, Dahlan Iskan, menabrak tebing di Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu siang.

"Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB dalam perjalanan setelah melalui kawasan Tawangmangu," kata Kepala Biro Humas dan Protokoler Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu kepada ANTARA News, di Jakarta, Sabtu sore.

Menurut Faisal, Tucuxi yang baru dibeli sekitar dua pekan lalu itu dikendarai Dahlan Iskan ditemani Ricky, seorang perancang teknologi motor lulusan Jepang yang diikutkan dalam membangun mobil listrik nasional.

Menurut Faisal, insiden itu hanya mengakibatkan kerusakan pada badan mobil.

"Perjalanan dilanjutkan, dan saat ini sudah tiba di Magetan, tempat kelahiran Pak Dahlan," kata Faisal.

Padahal, Tucuxi rancangan Danet Suryatama sekira pukul 13:00 WIB menjalani prosesi ritual "ruwat kolo" atau tolak bala di Solo, Jawa Tengah, yang dilakukan dalang kondang Ki Manteb Sudarsono.

Menurut Faisal, acara "ruwat kolo" (murwat kolo) itu dilakukan dalam tradisi Jawa agar Tucuxi terhindar dari segala bahaya, bala dan fitnah dari manapun.
(T.R017)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013