Dibandingkan dengan tahun lalu lebih meningkat ya....
Solo (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menyebut kunjungan wisatawan di Kota Solo terdongkrak oleh tiga destinasi wisata baru, yakni Masjid Sheikh Zayed, Solo Safari, dan Pracima Tuin.
 
Angka kunjungan wisatawan domestik ke Kota Solo, Jawa Tengah dari tanggal 17-29 April 2023 tercatat sebanyak 337.725 orang. Sedangkan pada kurun waktu yang sama jumlah wisatawan mancanegara mencapai 119 orang.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Kota Surakarta Gembong Hadi, di Solo, Selasa, mengatakan
angka kunjungan (17-29 April 2023) ini dipastikan meningkat dibandingkan periode Lebaran bulan Mei 2022, mengingat saat itu selama satu bulan jumlah wisatawan domestik sebanyak 337.943 orang, dengan jumlah wisatawan asing sebanyak 404 orang.
 
"Dibandingkan dengan tahun lalu lebih meningkat ya. Tahun lalu belum ada tiga destinasi yang menjadi in saat ini, belum ada Pracima Tuin, Solo Safari, Masjid Sheikh Zayed," katanya pula.
 
Mengenai target jumlah wisatawan pada tahun ini, katanya pula, meningkat sebesar 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Pihaknya mencatat pada tahun 2023 untuk wisatawan domestik ditargetkan mampu mencapai sebanyak 1.427.477 wisatawan, sedangkan jumlah wisatawan asing diharapkan sebanyak 4.945 orang.
 
Sementara itu, mengenai length of stay atau lama menginap di Solo, katanya pula, hingga saat ini kenaikannya masih diupayakan oleh Pemkot Surakarta.
 
Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menambah atraksi pada malam hari.
 
"Kalau mengacu dari tahun lalu, itu wisatawan domestiknya ada 1,35 hari rata-rata, sedang wisatawan mancanegaranya ada 2,51 hari," katanya lagi.
Baca juga: Presiden Jokowi yakin Solo Safari bakal jadi destinasi wisata baru
Baca juga: Pengunjung Solo Safari 4.000 orang saat libur hari I Lebaran 2023

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023