Kami melakukan pemantauan di 14 lokasi objek wisata, hasilnya banyak pengunjung yang memadati destinasi itu saat libur Lebaran
Indramayu (ANTARA) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mencatat sebanyak 103.062 turis berlibur ke sejumlah destinasi wisata alam maupun buatan yang tersebar di daerah itu selama cuti bersama dan libur Lebaran 2024.

  “Kami melakukan pemantauan di 14 lokasi objek wisata, hasilnya banyak pengunjung yang memadati destinasi itu saat libur Lebaran,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispara Indramayu Aan Hendrajana dalam keterangannya di Indramayu, Jumat.

  Ia menjelaskan momen libur panjang itu mendongkrak angka kunjungan wisatawan di Indramayu, sehingga berdampak juga terhadap perekonomian warga sekitar serta para pelaku pariwisata.

  Selama periode tersebut, kata dia, pelancong yang berwisata ke Indramayu umumnya mendatangi objek wisata pantai untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

  Aan menyebutkan destinasi paling banyak dikunjungi adalah Pantai Tirta Ayu dengan jumlah 30.016 wisatawan yang pelesiran. Kemudian disusul Kolam Renang Tiga Firdaus di Kecamatan Terisi yakni sekitar 23.689 pengunjung.

Baca juga: Dishub: Ribuan kendaraan melintasi jalur Indramayu di H-4 Lebaran

Baca juga: Kementan distribusikan bantuan pompa air irigasi di Indramayu


  “Pantai Plentong pun ramai dikunjungi turis dengan jumlah 8.907 wisatawan, Pantai Tirtamaya juga sama ada 7.879 pengunjung, serta Waterpark Tirta Pesona dengan jumlah pengunjung 5.524 wisatawan,” ujarnya.

  Menurut dia, ramainya pengunjung itu tidak lepas dari perubahan sistem tata kelola objek wisata yang semakin baik.

  Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu juga secara aktif melakukan promosi wisata, sehingga capaian realisasi kunjungan wisatawan cukup positif saat libur Lebaran 2024.

  “Bupati Indramayu Nina Agustina mendorong adanya pembinaan terhadap pelaku wisata terus dilakukan, khususnya supaya menerapkan prinsip Sapta Pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan,” tuturnya.

  Aan menyampaikan Pemkab Indramayu berkomitmen untuk memajukan sektor pariwisata daerah, misalnya dengan membentuk desa wisata serta menambah sarana di beberapa destinasi.

  “Pada tahun 2023, sebanyak 11 desa wisata mendapatkan bantuan pengembangan sarana wisata. Langkah ini perlu dipertahankan dan harus berinovasi lagi untuk meningkatkan ekonomi daerah yang berdampak pada pendapatan masyarakat Indramayu,” ucap dia.

Baca juga: Kementerian PUPR: Embung Wanakaya beri manfaat irigasi dan pariwisata

Baca juga: Airlangga: Tanggul laut lindungi aktivitas ekonomi di Eretan dari rob


Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024