Madrid (ANTARA News) - Pelatih Barcelona Tito Vilanova akan kembali mengambil alih timnya untuk pertandingan pembukaan 2013 di kandang sendri menghadapi rival sekota, Espanyol, dalam kompetisi La Liga pada Minggu setelah ia pulih lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya pasca operasi tenggorokan.

Pelatih berusi 44 tahun itu masih membutuhkan operasi keduanya pada dua pekan lalu setelah menjalani operasi pertama untuk mengangkat tumor dari kelenjar ludah pada November 2011.

"Tito akan berada di ruang istirahat," ujar asistennya Jordi

Roura, yang menggantikan sementara Vilanova dalam konferensi pers, Sabtu.

"Dia masih harus menjalani pengobatan, tapi dia dalam kondisi baik, semangat yang tinggi dan sangat kuat. Ini adalah hal yang paling penting."

Vilanova mengawasi jalannya pelatihan pada Rabu untuk pertama kalinya sejak ia dioperasi pada 20 Desember lalu, meskipun dia harus beristirahat sampai pertengahan Januari.

Dia mulai menjalani kemoterapi dan radioterapi selepas dari rumah sakit pada 22 Desember dan Presiden Klub Sandro Rosell mengatakan dia harus berkonsentrasi dengan pengobatannya saja.

Dia pernah absen selama sekitar tiga minggu setelah operasi pada 2011 sebelum kembali ke pekerjaannya sebagai asisten Pep Guardiola

dan kemudian mengambil alih ketika teman dekatnya itu mengundurkan diri pada akhir musim lalu.

Pelatih Barca tersebut telah membuat catatan awal kampanyenya dengan memenangkan 16 dari 17 pertandingan liga dan sekali seri, sehingga membuka keunggulan 16 poin di atas Real Madrid.

"Meskipun kami memiliki keunggulan 16-poin (atas Real), kita tahu

belum ada hasil yang memutuskan," tambah Roura.

"Pada akhirnya, siapa yang pertama mengalahkan itu yang lebih baik. Tapi kami akan mencoba untuk melanjutkan ritme yang sama seperti yang telah kami lakukan sebelum Natal."

"Derby selalu sulit karena ada persaingan dan kami akan kembali hadir setelah liburan. Tidak mudah untuk langsung mendapatkan kembali ritme itu," katanya dikutip Reuter
(D011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013