Jakarta (ANTARA) - Produsen minyak goreng Apical Group menggelar kegiatan edukasi mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng Minyakita Rp14.000/liter kepada masyarakat.

Head of Industry & Government Relations Apical Group Manumpak Manurung mengatakan kegiatan yang dikemas melalui bazar di berbagai lokasi di seluruh Indonesia membantu mendukung ketersediaan Minyakita untuk masyarakat.

"Melalui kegiatan ini, khususnya selama bulan Ramadhan lalu, kami berupaya mendukung pemerintah dengan menyediakan minyak goreng dengan harga sesuai HET untuk masyarakat," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan meluncurkan program Minyak Goreng Kemasan Rakyat (MGKR) dengan merek Minyakita yang melibatkan para pelaku usaha.

Kebijakan tersebut diatur melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 41 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Minyak Goreng Kemasan Rakyat MGKR yang berlaku mulai 8 Juli 2022 lalu.

Menurut Manumpak, edukasi HET dan bazar tersebut juga dilakukan untuk menyikapi melonjaknya harga Minyakita yang melampaui HET di sejumlah daerah, terutama selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Masyarakat yang menemukan Minyakita  diproduksi oleh Apical  harganya di atas HET dapat melapor melalui minyakita@apicalgroup.com," katanya.

Namun demikian, lanjutnya, laporan tersebut harus dengan menyertakan lokasi penjualan Minyakita yang tidak sesuai HET sehingga pihaknya dapat melaporkan dan dapat ditindaklanjuti oleh pihak regulator.

Sementara itu dalam penyelenggaraan bazar selama bulan Ramadhan dan edukasi HET, kata Manumpak, pihaknya berkolaborasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sebagai holding BUMN pangan dalam mendistribusikan Minyakita di pasar-pasar tradisional seluruh Indonesia sesuai arahan Pemerintah.

Kegiatan edukasi mengenai HET dan bazar minyak goreng dengan harga terjangkau digelar di sejumlah pasar tradisional di Jakarta sejak Februari 2023, di sejumlah instansi Pemerintahan di Jakarta, seperti di Kementerian Pertanian.

Selain itu juga di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Mojosari, Jember, Madiun, Magetan, dan Malang. Kemudian Riau yang mencakup Dumai dan Pekanbaru, Padang dan Balikpapan.



 

Pewarta: Subagyo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023