Produk Plépah menjadi inovasi di bidang lingkungan karena bisa menggantikan kemasan styrofoam dan plastik.
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengenalkan perusahaan rintisan alias startup PT Jentera Garda Futura atau Plépah ke panggung dunia, yakni di ajang pameran industri terbesar di dunia Hannover Messe 2023 pada 17-21 April 2023 di Hannover, Jerman.

Langkah tersebut dilakukan sebagai komitmen perseroan untuk mendampingi pelaku UMKM naik kelas dan menembus pasar internasional.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan pihaknya membawa Plépah yang berfokus pada sektor industri hijau.

Berasal dari Jakarta, perusahaan ini bergerak di bidang pengelolaan limbah agrikultur, baik limbah dari kelapa sawit maupun pertanian padi.

“Sudah menjadi komitmen BRI untuk terus mendampingi nasabah, terutama pelaku bisnis dan UMKM menembus pasar internasional. Produk Plépah menjadi inovasi di bidang lingkungan karena bisa menggantikan kemasan styrofoam dan plastik,” ujar Amam.

Ia menegaskan, perseroan sebagai bank yang tak hanya mencetak nilai ekonomi, terus berupaya menciptakan nilai sosial yang berdampak bagi masyarakat, tak terkecuali keberlanjutan lingkungan.

Sesuai dengan penguatan penerapan prinsip environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola yang baik) atau ESG yang menjadi fokus perseroan, BRI juga mendukung target transisi energi ramah lingkungan yang digalakkan pemerintah, yakni bebas emisi karbon pada 2060.

Beberapa inisiatif BRI dalam mendukung bebas emisi karbon pada 2060, di antaranya pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kantor Pusat BRI, Jakarta.

Selain itu, kata Amam lagi, pihaknya juga telah mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik (mobil listrik dan motor listrik), pembangunan gedung/kantor BRI dengan konsep bangunan hijau dan pintar, serta penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber daya melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa unit kerja yang tersebar di beberapa wilayah.

Di samping itu, BRI juga melakukan upaya pelestarian lingkungan melalui pengurangan emisi karbon melalui program BRI Menanam, sebagai inisiatif BRI dengan menyalurkan bibit pohon produktif bagi setiap nasabah yang menerima kredit dari perseroan dan menargetkan penanaman lebih dari 1,75 juta pohon produktif secara bertahap pada tahun 2022 dan 2023.
Baca juga: BRI sebut Agen BRILink layani masyarakat selama libur Lebaran 2023
Baca juga: BRI bidik pembiayaan UMKM pada sektor pangan dan kesehatan

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023