“Tak lupa mari kita doakan bersama agar seluruh prajurit TNI dan TNI AD yang sedang menjalankan operasi di berbagai wilayah Indonesia senantiasa diberikan keselamatan, kesehatan, dan kekuatan, serta keberhasilan dalam pelaksanaan tugasnya,”
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengingatkan jajaran prajurit TNI AD agar mereka tidak mudah terpancing dan terhasut oleh isu-isu yang dapat merugikan diri sendiri, institusi TNI, dan keluarga.

Dudung menyampaikan pesan itu kepada jajaran prajurit setelah adanya dua insiden bentrok prajurit TNI dan anggota Polri di Kupang, Nusa Tenggara Timur, dan di Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Tidak hanya itu, Kasad saat apel khusus di Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta, Selasa, juga memerintahkan jajaran prajurit TNI Angkatan Darat agar memperkuat soliditas TNI dan Polri.

Sinergi antara TNI dan Polri harus terus ditingkatkan terutama saat menjaga keamanan negara dan keutuhan NKRI, Dudung menegaskan.

“Tak lupa mari kita doakan bersama agar seluruh prajurit TNI dan TNI AD yang sedang menjalankan operasi di berbagai wilayah Indonesia senantiasa diberikan keselamatan, kesehatan, dan kekuatan, serta keberhasilan dalam pelaksanaan tugasnya,” kata Jenderal Dudung sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AD.

Dalam apel yang sama, Kepala Staf TNI AD pun memohon maaf lahir batin atas nama pribadi dan sebagai pimpinan TNI AD. Dia berharap hal-hal baik yang dilakoni oleh prajurit saat Ramadhan dapat terus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Usai apel, Kasad bersama seluruh pejabat utama TNI AD lanjut menyalami satu per satu prajurit dan PNS di lingkungan Mabesad yang mengikuti apel.

Kegiatan apel selepas libur lebaran juga berlangsung di markas satuan TNI AD di berbagai daerah. Beberapa satuan menggelar apel gabungan TNI dan Polri sebagai wujud soliditas.

Di Lapangan Blang Padang, Aceh, Selasa, prajurit TNI AD dari Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda dan Polda Aceh mengikuti apel gabungan yang diikuti kegiatan olahraga bersama.

Menurut Panglima Daerah Militer (Pangdam) Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya apel gabungan dan olahraga bersama itu bertujuan memelihara keakraban dan sinergitas TNI dan Polri. Mayjen Novi mengingatkan jajaran prajurit dan polisi sinergitas itu tidak hanya ditunjukkan saat apel, tetapi juga terus terjalin pada setiap situasi dan kondisi.

“Semoga soliditas dan sinergitas, tidak terbatas dalam acara seperti ini saja, namun juga terus terjalin di antara para personel di lapangan,” kata Pangdam Iskandar Muda saat apel gabungan sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AD.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023