Ini untuk mengetahui perkembangan harga sembako di lapangan, saya sudah mendatangi sejumlah daerah, sebelumnya ke Sorong.
Makassar (ANTARA) - Menteri Perdagangan H Zulkifli Hasan didampingi Wali Kota Makassar H Ramdhan Pomanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga sembako di Pasar Terong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Ini untuk mengetahui perkembangan harga sembako di lapangan, saya sudah mendatangi sejumlah daerah, sebelumnya ke Sorong," kata Mendag Zulkifli kepada pers seusai melakukan sidak di Pasar Terong, Rabu.

Dia mengatakan, dari hasil sidak tersebut dinilai harga sembako seperti telur, cabai, dan bawang merah sudah murah. Yang masih cukup tinggi harga ayam potong, dan harga beras yang standar masih bertahan.

Rinciannya harga telur ayam ras Rp25 ribu per kilogram, cabai Rp25 ribu per kg, bawang merah 35 ribu per kg, ayam potong Rp40 ribu per ekor, dan minyak goreng Rp14 ribu per liter.

Pada kesempatan tersebut, Mendag Zulkifli bersama Wali Kota Makassar dan jajaran terkait mengunjungi sejumlah los di Pasar Terong, di antaranya los penjual minyak goreng, penjual telur, penjual beras, dan penjual ayam potong.

Baca juga: Mendag sebut harga kebutuhan pokok secara nasional stabil

Sementara itu, Wali Kota Makassar H Ramdhan Pomanto mengatakan, dengan memantau pasar hari ini sudah menunjukkan semua harga sembako cukup terkendali.

Sebelumnya harga cabai merah ketika Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke Pasar Terong bulan lalu, masih Rp40 ribu per kg. Sementara harga saat ini sudah turun menjadi Rp25 ribu kg.

Kondisi itu juga memperlihatkan terjadi penurunan inflasi, lanjut dia, dari bulan lalu 5,99 persen, bulan ini turun menjadi 4,87 persen.

Hal ini karena kerja keras Disdag provinsi dan kota dan juga PD Pasar serta operasi pasar (OP) yang tepat sasaran telah menjadi kunci dari keberhasilan menurunkan harga kebutuhan masyarakat di pasaran.

Baca juga: Mendag bagikan 1.000 paket bahan pokok murah di Sleman
Menteri Perdagangan H Zulkifli Hasan didampingi Wali Kota Makassar H Ramhdan Pomantio (belakang) di sela melakukan Sidak r di Pasar Terong, Makassar, Rabu (3/5/2023). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023