Los Angeles (ANTARA) - LOS ANGELES, 2 Mei (Xinhua) -- Empat anggota kru di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) akan merelokasi pelabuhan penambatan (docking) pesawat luar angkasa Dragon SpaceX pada akhir pekan ini, untuk membuka jalan bagi kedatangan pesawat kargo, menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA).

Para anggota kru pesawat SpaceX Crew-6 NASA, yang terdiri dari astronaut NASA Steve Bowen dan Woody Hoburg, astronaut Uni Emirat Arab Sultan Alneyadi, dan kosmonaut Roscosmos Andrey Fedyaev, akan melepaskan tambatan (undock) dari pelabuhan yang menghadap ke luar angkasa di modul Harmony pada Sabtu (6/5) pukul 07.10 EDT atau pukul 18.10 WIB.

Wahana antariksa tersebut akan kembali melakukan penambatan di pelabuhan Harmony di depan stasiun tersebut pada pukul 07.53 EDT atau pukul 18.53 WIB.

Relokasi tersebut akan mengosongkan pelabuhan Harmony yang menghadap ke luar angkasa untuk melakukan penambatan pesawat kargo Dragon berikutnya yang akan diluncurkan pada Juni mendatang, menurut NASA.

Pesawat Crew-6, yang ditargetkan untuk pulang pada Agustus mendatang, merupakan misi berawak rotasi keenam dari NASA dan SpaceX sebagai bagian dari Program Kru Komersial (Commercial Crew Program). 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023