Saya melihat kinerja Pak Erick dalam pembenahan BUMN sangat bagus dan telah menunjukkan hasil yang positif
Jakarta (ANTARA) - Peneliti sekaligus Head of Research Jarvis Asset Management Andri Ngaserin mengapresiasi kinerja Menteri BUMN Erick Thohir dalam membenahi perusahaan-perusahaan BUMN.

"Saya melihat kinerja Pak Erick dalam pembenahan BUMN sangat bagus dan telah menunjukkan hasil yang positif," kata Andri, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Hasil positif itu, lanjut dia, dapat dilihat dari BUMN yang terus membukukan kinerja baik dan mengalami peningkatan pendapatan.

Contohnya, pendapatan BUMN unaudited pada tahun 2022 diperkirakan mencapai Rp2.613 triliun. Sebelumnya pada tahun 2021, laba BUMN hanya mencapai Rp2.292 triliun. Dengan peningkatan pendapatan tersebut, setoran dividen dari perusahaan BUMN ke kas negara akan mencapai Rp80,2 triliun.

Baca juga: Erick Thohir minta KAI buat proyeksi pertumbuhan penumpang pascaCOVID

Baca juga: Legislator apresiasi Erick Thohir setor dividen Rp80 triliun ke negara


Ke depannya, Andri optimistis perkembangan keuangan perusahaan BUMN yang saat ini telah memberikan dividen terbesar akan terus terjaga dengan baik.

"Saya optimistis kinerja keuangan perusahaan BUMN yang saat ini memberikan dividen besar akan terus terjaga dengan baik," ujarnya.

Berikutnya, Andri juga menyampaikan bukti hasil positif dan kinerja BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir dapat dilihat dari kinerja keuangan bernilai positif yang dibukukan oleh bank BUMN, seperti Bank Mandiri, BRI, dan BNI di masa pandemi COVID-19.

Andri mengatakan sebelum Erick Thohir memimpin Kementerian BUMN, "return on investment" (ROI) atau keuntungan finansial yang didapatkan dari investasi Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) itu hanya mencapai 17 persen. Namun setelah Erick memimpin Kementerian BUMN, ROI bank Himbara mengalami peningkatan. Seperti pada saat ini, ujar Andri, ROI bank Himbara berada di atas 20 persen.

"Memang pada saat pandemi COVID-19 mencapai puncaknya, ROI bank mengalami penurunan. Namun kini, ROI bank Himbara sudah mulai pulih. Bahkan saat ini, ROI bank Himbara sudah di atas 20 persen," kata dia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023