Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, minta pengendara yang melintas di jalur Sate Sinta-Cijedil, Kecamatan Cugenang, untuk ekstra hati-hati terutama saat hujan turun deras karena proses penanganan bekas longsor belum tuntas dan masih berjalan karena beberapa kali longsor susulan sempat terjadi.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Anaga Budiharso di Cianjur Rabu, mengatakan selama satu pekan terakhir curah hujan cukup tinggi terutama pada petang hari melanda sebagian besar wilayah Cianjur, termasuk di lokasi penanganan longsor di Sate Sinta-Cijedil.

"Di lokasi gempa disertai longsor di Sate Sinta masih dilakukan penanganan oleh pihak kementerian, beberapa waktu lalu sempat terjadi longsor susulan ketika hujan turun deras, sehingga landasan jalan licin tertutup lumpur dari longsoran," katanya.

Pihaknya menempatkan beberapa orang anggota sebelum lokasi penanganan dari arah Cianjur atau sebaliknya dari arah Cipanas. Petugas juga melakukan upaya penanganan cepat ketika terjadi antrean atau alat berat sedang bekerja guna menghindari kecelakaan.

Baca juga: Pemudik diminta waspada saat melintas jalur rawan longsor Cianjur

Baca juga: Pemudik harus waspada, jalur selatan Cianjur tertutup akibat longsor


"Kami minta pengguna jalan untuk mematuhi anjuran petugas, agar tidak terjadi antrean panjang dan menghindari kecelakaan saat alat berat sedang beroperasi atau kendaraan berat lainnya," kata Anaga.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Wibowo, mengatakan tidak hanya di jalur Sate Sinta-Cijedil, pihaknya mengimbau pengguna jalan untuk tetap berhati-hati saat melintas di jalur utama Cianjur.

"Baik dari wilayah utara sampai selatan karena rawan terjadi longsor dan pohon tumbang, terlebih selama satu pekan terakhir curah hujan yang turun melanda Cianjur masih tinggi terutama saat petang, sehingga rawan terjadi bencana," katanya.

Rudi menambah, informasi dari BMKG curah hujan masih tinggi hingga pertengahan Mei, sehingga warga di seluruh wilayah Cianjur diminta untuk tetap siaga dan waspada serta jeli membaca tanda alam akan terjadi bencana dan segera mengungsi.*

Baca juga: Polres Cianjur berlakukan buka tutup jalur Sate Sinta-Cijedil

Baca juga: Dua rumah warga tertimbun longsor usai gempa 4.0 magnitudo

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023