Jakarta (ANTARA News) - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, mengirim satu kilogram permen kepada setiap anak untuk merayakan ulang tahunnya.

Radio setempat melalui North Korean Central Broadcasting Station, melaporkan bahwa Kim menggunakan pesawat udara untuk memastikan bahwa setiap anak berusia 10 tahun ke bawah menerima hadiah tersebut tepat waktu.

Sebagaimana dilaporkan The Telegraph, penduduk desa di pulau-pulau terpencil menerima dengan sukacita permen yang dikirimkan itu.

Tradisi pengiriman 'permen ulang tahun' telah dimulai sejak 1980 oleh mantan pemimpin Korea Utara, Kim Il-sung, yang tidak lain adalah kakek dari Kim Jong-un.

Kim Jong-il yang meninggal pada Desember 2011, lalu meneruskan tradisi tersebut saat mengambil alih kekuasaan pada 1994.

Ulang tahun duo 'Kim' (Kim Il-sung dan Kim Jong-il), lalu dirayakan sebagai hari libur nasional.

Kim Jong-un lahir pada 8 Januari, namun hingga kini belum ada yang mengetahui pasti kapan tahun kelahirannya. Beberapa laporan menyebutkan bahwa dia lahir di antara tahun 1982, 1983, atau 1984.

"Hadiah untuk anak-anak tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran pemimpin Utara yang baik hati, peduli, untuk membangun pencitraan akan pribadi yang baik mengenai pemimpin muda ini," kata Cho Bong-Hyun, seorang analis di IBK Economic Research Institute di Seoul.
(M048)

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013