Roma (ANTARA News) - Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi pada Senin mengatakan telah mencapai kesepakatan bersama Liga Utara untuk berkoalisi menjelang pemilu bulan Februari dan dia menginginkan posisi menteri keuangan di pemerintahan.

Berlusconi setuju berkoalisi dengan Liga regional yang dipimpin Roberto Maroni sebagaimana pernah dilakukannya pada pemilu sebelumnya.

Berdasar kesepakatan, Partai Kebebasan rakyat (PDL) yang dipimpin Berlusconi itu setuju dengan kesepakatan utama mendukung pencalonan Maroni sebagai presiden kawasan sebelah utara Lombardy.

Dia tidak mengatatakan detil kesepakatan tapi hanya memberikan komentar bahwa Maroni adalah seorang pemimpin moderat di koalisi kanan tengah di Liga Utara.

Liga berencana memperketat kebijakan imigrasi dan akan memberi kekuatan dan otonomi lebih kepada 20 wilayah Italia.

Terutama peningkatan pendapatan pajak yang diperoleh dari masing-masing wilayah di Italia.

Berlusconi menginggalkan jabatannya sebagai perdana menteri pada November 2011 setelah mengundurkan diri dan memberikan posisinya kepada teknokrat Mario Monti.

Dia mengatakan bahwa pihaknya belum menentukan nama calon perdana menteri yang akan maju dari koalisi tengah kanan .

Opini publik yang diterbitkan Minggu menerangkan PDL dan Liga setidaknya mampu menarik dukungan massa sebesar 28 persen.

Koalisi tengah kiri yang dipimpin Pier Luigi dari partai Demokratik akan meraih 38-39 persen suara. Sedangkan blok tengah yang digawangi Monti akan mendapat 14-15 persen dukungan.

Berlusconi yang mendukung pemerintahan Monti sampai bulan lalu menyerang kepemimpinan perdana menteri pengganti dirinya itu karena menaikkan pajak.

Baik Berlusconi dan Monti termasuk figur yang paling sering muncul di televisi dan radio demi meraih simpati pada pemilu 24-25 Februari.
(A061)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013