Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa bidang politik terjadi pada Rabu (3/5), mulai dari pertemuan sejumlah partai politik yang membahas koalisi hingga Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Kongres Amerika Serikat (AS).

Berikut rangkumannya.

1. Golkar dan PKB bangun koalisi inti tindaklanjuti koalisi besar

Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat membangun koalisi inti sebagai bentuk tindak lanjut dari wacana pembentukan koalisi besar.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat melangsungkan pertemuan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di resto Plataran Senayan, Jakarta, Rabu siang.

"Kita berdua berbicara koalisi besar dan koalisi besar itu membutuhkan koalisi inti, dan koalisi inti itulah yang hari ini kita duduk bersama, di mana koalisi inti ini antara Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa," kata Airlangga.

Selengkapnya di sini.

2. Golkar dan PKB jalin komunikasi dengan parpol lain gaet koalisi besar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partainya bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menjalin komunikasi dengan partai-partai politik lain untuk ikut bergabung dalam wacana pembentukan koalisi besar.

“Masing-masing akan terus bergerak dan berkomunikasi dengan partai lain agar masuk dalam koalisi besar,” kata Airlangga.

Selengkapnya di sini.

3. Cak Imin: Rencana saya pengaruhi Mas AHY, tetapi imannya kuat

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan ia berencana membujuk Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk berkoalisi, tetapi misinya itu belum berhasil karena pimpinan Demokrat dinilai tetap teguh bergabung Koalisi Perubahan.

Cak Imin, saat jumpa pers selepas bersilaturahmi dengan Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, dan melanjutkan pertemuan empat mata dengan AHY, menyampaikan dia memang berkeinginan menambah jumlah partai politik dalam koalisi.

Selengkapnya di sini.

4. Prabowo: Presiden ingin Pilpres 2024 berlangsung sejuk

Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut Presiden RI Joko Widodo menginginkan Pemilu 2024 berlangsung dengan suasana sejuk dan gembira.

"Kesimpulannya kita harus menimbulkan suasana yang baik, suasana yang sejuk bahwa pemilihan umum, pesta demokrasi, rakyat harus sejuk, tenang, harus bergembira," kata Prabowo di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu.

Selengkapnya di sini.

5. Presiden RI terima kunjungan anggota Kongres AS bahas kemitraan setara

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan delapan anggota Kongres Amerika Serikat guna membahas sejumlah isu, antara lain peningkatan kemitraan setara atau equal partnership antara kedua negara.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menerima kedelapan anggota Kongres AS di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

"Jadi partnership kemitraan yang didasari oleh kesetaraan dan menghasilkan kerja sama yang sifatnya win-win. Ini betul-betul ditekankan oleh kedua belah pihak, equal partnership," kata Menlu Retno dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023