Beijing (ANTARA) - Sektor pariwisata China mencatat lonjakan perjalanan selama masa libur Hari Buruh yang berlangsung selama lima hari dan berakhir pada Rabu (3/5).

Sebuah laporan industri yang dirilis oleh agen perjalanan daring Trip.com Group pada Rabu menyebutkan bahwa penjualan tiket destinasi wisata domestik meroket hingga 900 persen dari penjualan pada libur Hari Buruh tahun lalu, dan dua kali lipat dibandingkan liburan yang sama pada 2019, sebelum wabah COVID-19.

Sementara itu, pesanan perjalanan ke luar negeri meningkat hampir 700 persen dari periode yang sama tahun lalu, dengan jumlah pesanan tiket pesawat dan hotel ke luar negeri masing-masing melonjak hampir 900 persen dan 450 persen, catat laporan itu.

Masih menurut laporan tersebut, radius perjalanan rata-rata pengguna Trip.com selama liburan tersebut meningkat 25 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dan jarak perjalanan rata-rata dengan pesawat mencapai 1.638 km, yang merupakan rekor tertinggi selama empat tahun terakhir dan pada dasarnya pulih ke level 2019.

Laporan itu juga menyebut Beijing, Shanghai, Chengdu, Hangzhou, dan Guangzhou menjadi lima destinasi terpopuler selama libur Hari Buruh tahun ini.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023