...Baznas boleh menggunakan dana zakat untuk membantu adik-adik kita dari kampung halaman
Pekanbaru (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau membiayai Rp170 juta tiket pemulangan 118 mahasiswa asal Riau dari Sudan ke Jakarta dan ke Pekanbaru.

"Mahasiswa Riau dipulangkan dari Sudan akibat terjadinya konflik bersenjata di negara tersebut, sehingga dinilai sangat tidak aman bagi mereka jika masih di negara yang sedang mengalami konflik senjata itu," kata Ketua Baznas Provinsi Riau Masriadi Hasan dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan pemulangan 118 warga Riau dari Sudan itu bagian dari kebijakan evakuasi Pemerintah Indonesia.

Masriadi mengatakan sebagai lembaga zakat Baznas memiliki program peduli atau tanggap bencana dan terkait pemulangan mereka masuk dalam kategori bencana.

"Karena itu Baznas boleh menggunakan dana zakat untuk membantu adik-adik kita dari kampung halaman. Harapan kita situasi di Sudan baik-baik saja dan mahasiswa asal Riau bisa kembali belajar di sana," katanya.

Baca juga: Warga Riau yang dievakuasi dari Sudan sudah tiba di Jakarta

Masriadi menyebut Baznas membantu biaya tiket pesawat sebanyak 118 tiket atau senilai Rp170 juta. Saat ini para mahasiswa asal Pekanbaru yang menimba ilmu di Sudan sudah diserahkan kepada keluarga masing-masing.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau Rido Adriansyah mengatakan pemulangan mahasiswa asal Riau dilakukan secara bertahap atau sebanyak empat kelompok terbang. Mereka terbang dari Sudan mulai 27 April 2023 menggunakan pesawat yang sama Super Air Jet dari Bandara Soekarno-Hatta.

Total warga Riau yang dievakuasi dari Sudan berjumlah 128 orang terdiri dari 99 laki-laki dan 29 perempuan, termasuk seorang balita. Dari 128 orang, 41 orang diantaranya telah tiba di Tanah Air sejak Jumat (28/4).

Baca juga: 56 warga kloter kedua dari Sudan tiba di Riau
Baca juga: Kepulangan 36 mahasiwa dari Sudan disambut Gubernur Riau

Baca juga: Sampai 1 Mei sudah 949 WNI dievakuasi dari Sudan
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023