Jakarta (ANTARA) - Platform pembelajaran daring, Duolingo, meluncurkan fitur premium terbaru Super Duolingo di seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dengan tampilan elegan untuk menggantikan layanan sebelumnya Duolingo Plus.

Regional Marketing Director Duolingo untuk wilayah Asia Pasifik Haina Xiang dalam pernyataan di Jakarta, Kamis, memastikan pembaruan layanan ini dilakukan seiring dengan makin pesatnya pertumbuhan Duolingo dan tingkat adopsi yang makin meningkat di Asia Tenggara.

"Selama dua tahun terakhir, jumlah pengguna aktif harian di Asia Tenggara meningkat hampir empat kali lipat (288 persen), dan kami telah melihat bagaimana para pengguna menggunakan Duolingo dengan cara menyenangkan yang merefleksikan keunikan wilayah ini," ujarnya.

Ia pun menjelaskan fitur baru dari Super Duolingo adalah Practice Hub, sebuah ruang latihan khusus yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk meninjau kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya dalam satu wadah dan berlatih berbicara atau mendengarkan sesuai target pembelajaran.

Fitur ini juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih fokus dan personal karena semua konten di Practice Hub didasarkan pada aktivitas dan pelajaran terbaru pengguna. Pengguna super bisa mendapatkan hati tanpa batas sehingga mereka dapat belajar secara berkelanjutan.

Sementara itu, pengguna tidak berbayar atau gratis mendapatkan lima hati yang hilang setiap kali pengguna membuat kesalahan dan harus menunggu satu hari jika kuota hati mereka habis. Dengan kata lain, pengguna super tidak memiliki batasan dalam membuat kesalahan sehingga dapat belajar sesuka hati.

Duolingo juga menawarkan harga yang disesuaikan dengan lokasi untuk memastikan sebagian besar pengguna di seluruh wilayah dapat mengakses fitur premium dengan lebih terjangkau. Langkah ini terkait dengan misi untuk mengembangkan pendidikan terbaik di dunia dan tersedia secara universal.

"Oleh karena itu, kami telah menurunkan harga sesuai dengan pasar di setiap wilayah untuk memastikan bahwa fitur premium kami dapat diakses oleh sebagian besar orang. Hasilnya, bagi sebagian besar pengguna di Asia Tenggara, biaya Super Duolingo lebih murah dari harga yang berlaku di Amerika Serikat dan negara lainnya," ujar Senior Product Manager Duolingo Uriel Kejsefman.

Saat ini, Duolingo menawarkan uji coba Super Duolingo secara gratis selama dua minggu bagi semua pengguna di Asia Tenggara. Setelah masa uji coba berakhir, pengguna dapat mulai berlangganan atau dapat kembali ke versi gratis kapan saja tanpa kehilangan hasil sebelumnya.

Dalam kesempatan ini, Duolingo juga memperkenalkan fitur bahasa AI berbasis GPT-4 OpenAI yaitu Duolingo Max yang mencakup semua layanan Super Duolingo ditambah dengan fitur berbasis AI untuk memberikan praktik percakapan dan penjelasan dengan tingkat layanan lebih tinggi.

Duolingo Max telah dikembangkan sejak September 2022, ketika Duolingo mulai berkolaborasi dengan OpenAI untuk membuat fitur pembelajaran baru menggunakan GPT-4 dengan keamanan yang tepat, akurasi yang memadai dan sesuai dengan perintah yang digunakan.

Baca juga: Duolingo rayakan ulang tahun ke-10 dengan tampilan baru

Baca juga: Aplikasi belajar bahasa asing banyak diakses jam 5 pagi saat Ramadhan

Baca juga: Duolingo tak lagi tersedia di beberapa toko aplikasi di China

Pewarta: Satyagraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023