Tak ada secuil pun bukti bahwa saya anti Israel"
Washington  (ANTARA News) - Segera setelah mendapat persetujuan Senat, Chuck Hagel yang menjadi menteri pertahanan AS yang baru, bersumpah untuk memberikan "dukungan total" kepada Israel setelah hujan kritik dari para anggota legislatif perihal pandangannya dalam soal Timur Tengah.

"Tak ada secuil pun bukti bahwa saya anti Israel, tak ada satu pun suara (saya) yang melukai Israel," kata mantan senator Republik kepada The Lincoln Journal Star yang terbit di negara bagian asal dirinya, Nebraska.

Hagel  menyatakan tak akan menanggapi tuduhan yang mengaburkan catatan politiknya sampai pencalonannya sebagai menteri pertahanan diumumkan.

Para anggota legislatif pro-Israel mengecam Hagel atas sejumlah komentarnya yang dinilai anti-Yahudi, seperti komentarnya beberapa waktu lalu bahwa lobi Yahudi telah mengintimidasi anggota Kongres dan pernyataannya bahwa dia bukan "senator Israel."

Namun, kepada koran itu, Hagel mengaku tidak menandatangani sejumlah resolusi simbolis yang didukung kelompok pro-Israel karena itu semua kontraproduktif.

"Apa yang menjadi kepentingan Israel adalah membantu Israel dan Palestina mencari langkah-langkah damai untuk bisa hidup bersama," katanya.

Hagel juga menjawab kritik bahwa alasan dia menentang sanksi ekonomi kepada Iran karena tidak ingin itu hanya diterapkan oleh Amerika Serikat semata.

"Sanksi PBB tengah berjalan.  Ketika kita mendekritkan sesuatu, maka itu tak akan efektif," katanya seperti dikutip AFP.

Senator James Inhofe dari Republik dan anggota Komisi Angkatan Bersenjata Senat menyebut Hagel pantas menduduki jabatan itu karena sudah teruji waktu.

Sedangkan senator Republik John McCain menyelamati sesama veteran Perang Vietnam itu dengan menyebut Hagel telah berbakti kepada negara dengan terhormat, namun McCain menyebut Hagel punya sejumlah masalah serius.

Sementara Senator Carl Levin dari Demokrat yang mengepalai Komisi Angkatan Bersenjata Senat menyebut Hagel sungguh berkualitas.  (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013