pembangunan jalan dalam satu-dua hari itu adalah konstruksi sementara, ini wajar guna memfasilitasi pihak tertentu
Bandarlampung (ANTARA) - Akademisi Institut Teknologi Sumatera (Itera) Dr IB Ilham Malik menilai konstruksi sementara yang dibangun Pemerintah Provinsi Lampung pada sejumlah ruas jalan terkait rencana kedatangan Presiden Jokowi, belum bisa digunakan untuk jangka panjang.

"Saya menilai ada ruas jalan yang rusak kemudian ditangani dalam satu atau dua hari itu pasti konstruksi jalannya sementara, tidak bisa dianggap konstruksi yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang," kata Ilham Malik yang juga pengamat transportasi itu, dihubungi di Bandarlampung, Kamis

Menurutnya, dalam pembangunan jalan memang terdapat konstruksi yang bersifat sementara, semi permanen dan permanen, kemudian ada yang jalan dibangun namun sifatnya sementara dan terdapat pula dibangun sesuai dengan kebutuhan pengguna jalan.

"Artinya apa yang dilakukan Pemprov Lampung yang ramai di media terkait pembangunan jalan dalam satu atau dua hari itu adalah konstruksi sementara, hal ini wajar guna memfasilitasi pihak tertentu untuk kondisi di sana," kata dia.

Namun begitu, ia menekankan bahwa konstruksi sementara yang telah dibangun tersebut, setelah inspeksi Presiden Joko Widodo harus dilanjutkan dengan prosedur penanganan jalan yang sudah direncanakan oleh pihak konsultan.

Baca juga: Jalan rusak Terusan Ryacudu ditimbun jelang Presiden datang ke Lampung

Baca juga: Pemprov Lampung: Persiapan jelang kedatangan Presiden telah dilakukan


"Dari sisi konstruksi setiap bangunan apapun termasuk bangunan jalan harus dibangun mematuhi prosedur pelaksanaan konstruksi. Jadi konsultan yang akan melakukan justifikasi, seperti apa sih konstruksi jalan yang dibutuhkan yang dibutuhkan ruas jalan itu apakah rigid pavement atau kah flexible pavement," kata dia.

Kemudian juga, lanjut dia, pemerintah juga harus melihat kekuatan dari jalan yang akan mereka bangun, apakah diperuntukkan untuk penumpang orang saja atau kah juga untuk kendaraan super berat.

"Tentunya konstruksi jalan yang terencana seperti ini, tidak mungkin akan selesai dalam satu malam, karena pasti akan memenuhi kaidah konstruksi terkait penanganan sub base, base, badan jalan dan permukaan jalan, sebab ini akan ada metode pelaksanaannya dan butuh waktu yang lama," kata dia.

Ilham Malik pun menekankan kembali bahwa penanganan jalan yang terjadi saat ini oleh Pemprov Lampung dan viral di media sosial adalah penanganan jalan sementara guna memfasilitasi pemerintah pusat.

"Selanjutnya saya harap akan dilakukan atau harus dilakukan perbaikan sebagaimana yang dijanjikan pemerintah. Sebab dari sisi konstruksi sekarang sifatnya sementara dan harus diteruskan penanganan jalannya sesuai dengan kaidah penanganan konstruksi jalan yang diarahkan oleh tim konsultan perencanaan jalan di lokasi tersebut," kata dia.

Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan tinjau jalan rusak di Lampung pada Jumat

Baca juga: Menteri PUPR: Tak ada perintah perbaikan cepat jalan rusak di Lampung

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023