Korban bencana sosial yang mendapatkan bantuan dana itu misalnya warga miskin yang tidak bisa bekerja, serta korban bencana alam seperti gempa bumi, banjir, longsor, dan kebakaran,"
Mukomuko, Bengkulu (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada 2013 mengalokasikan dana tak terduga sebesar Rp1 miliar untuk warga yang menjadi korban bencana sosial dan bencana alam.

"Korban bencana sosial yang mendapatkan bantuan dana itu misalnya warga miskin yang tidak bisa bekerja, serta korban bencana alam seperti gempa bumi, banjir, longsor, dan kebakaran," kata Kabag Kesejahteraan Sosial Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Ansari, di Mukomuko, Selasa.

Menurut dia, dana tak terduga itu rutin dimasukkan dalam APBD setiap tahun yang ruang lingkunp penggunaannya untuk korban bencana sosial dan bencana alam.

Kendati dana itu untuk bantuan sosial, tidak semudah itu mencairkannya, karena membutuhkan proses seperti kejadian bencana sosial harus ada surat keterangan dari kepala desa dan diketahui camat.

Kecuali, kata dia, ada kejadian luar biasa seperti bencana alam, dana bantuan sosial itu baru dapat digunakan untuk kepentingan meringankan beban korban bencana alam termasuk pemulihannya.

"Tujuan dari dana itu untuk meringankan beban dan penderitaan warga yang mendapat musibah," katanya.

Namun dana tak terduga itu pada 2013 berkurang dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp3 miliar. (KR-FTO/E005)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013