saksi tersebut terdiri dari beberapa kategori, pertama dari MUI, pihak keluarga, kemudian saksi dari kasus sebelumnya di Lampung
Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya memeriksa saksi berjumlah 19 orang dalam kasus penembakan di gedung MUI Pusat Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat yang terjadi pada Selasa (2/5).
 
"Pertama-tama kami akan sampaikan penyelidikan dan penyidikan sementara ini, penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap 19 orang saksi, " kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat konferensi pers di Jakarta, Kamis.
 
Trunoyudo menjelaskan saksi tersebut terdiri dari beberapa kategori, pertama dari MUI, pihak keluarga, kemudian saksi dari kasus sebelumnya di Lampung.
 
"Pertama saksi dari MUI, ini kita sudah melakukan pemeriksaan sebanyak 8 orang, sedangkan dari pihak keluarga ada 4 orang, kemudian sisanya referensi terhadap kasus yang sebelumnya yang terjadi di Lampung, " katanya.
 
Trunoyudo juga menjelaskan terkait hasil autopsi di Rumah Sakit Polri telah selesai dilakukan pada Rabu (3/5).
 
"Jadi, untuk sementara itu yang autopsi, nanti akan dilakukan pembahasan lebih lanjut melalui proses penyidikan, " ucapnya.
 
Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut juga menambahkan pihaknya masih terus melakukan pendalaman terhadap kasus ini.
 
"Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum bersama Polres Metro Jakarta Pusat masih ada di Lampung melakukan pekerjaannya, maka tentunya hasil secara komprehensif masih menunggu, " tambahnya.
 
Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengungkapkan pelaku penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Menteng, Jakarta Pusat, merupakan pria berinisial M (60).
 
"Identitas pelaku sudah ada, inisial M berusia sekitar 60-an. KTP domisili Lampung," katanya saat dikonfirmasi di Kantor MUI Pusat, Selasa.
 
Komarudin menambahkan jenazah pelaku telah dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati guna dilakukan autopsi. Adapun, di dalam tas pelaku ditemukan obat-obatan.
Baca juga: Jenazah pelaku penembakan di Kantor MUI Pusat selesai diautopsi
Baca juga: RS Polri uji laboratorium organ pelaku penembakan di Kantor MUI
Baca juga: Polda Metro Jaya dan Lampung terus koordinasi terkait penembakan MUI

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023