Kairo (ANTARA News) - Presiden Mesir Mohamed Moursi akan bertemu dengan timpalannya Presiden Palestina Mahmud Abbas dan Kepala Politbiro Hamas Khaled Meshaal di Kairo pada Rabu, kata kantor Moursi.

Abbas dan Meshaal pertama akan "bertemu dengan kepala intelijen Mesir sebelum mengadakan pertemuan segitiga dengan Presiden Moursi," kata juru bicara kepresidenan Yasser Ali kepada AFP.

Azzam al-Ahmad, yang bertanggung jawab atas upaya rekonsiliasi antara partainya Fatah, yang Abbas adalah pemimpinnya, mengatakan bahwa Abbas sedang bepergian ke Mesir atas undangan Moursi untuk membahas masalah tersebut.

Meshaal dan para ajudan tiba di Kairo dari Doha pada Selasa untuk kunjungan beberapa hari, kata kantor berita resmi MENA.

Hamas dan Fatah telah berselisih sejak gerakan Islam itu merebut dan menguasai Gaza pada Juni 2007, menyusul kemenangan pada pemilu parlemen Palestina tahun sebelumnya.

Di bawah penengahan Mesir, kedua kelompok mencapai kesepakatan persatuan pada April 2011, namun ketentuan utama dari kesepakatan sejauh ini belum dilaksanakan.

Ini akan menjadi pertemuan pertama antara Abbas dan Meshaal yang diselenggarakan oleh Presiden Mesir sejak ia terpilih pada Juni tahun lalu. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013