Seluruh fase gerhana bulan penumbra dapat diamati di Indonesia, salah satunya di Tanjungpinang
Tanjungpinang (ANTARA) - BMKG menyebut gerhana bulan penumbra bisa diamati di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (5/5) mulai pukul 22.12.09 WIB hingga Sabtu (6/5) pukul 02.33.36 WIB.

"Seluruh fase gerhana bulan penumbra dapat diamati di Indonesia, salah satunya di Tanjungpinang," kata Prakirawan BMKG Tanjungpinang Arifah Dwi Yuliani, Jumat.

Arifah menyebut gerhana bulan penumbra dapat dilihat langsung dengan mata tanpa bantuan peralatan tertentu seperti teropong atau teleskop.

Selain itu, katanya, potensi dampak dari gerhana bulan penumbra terhadap lingkungan juga tidak begitu signifikan, sehingga masyarakat diimbau tidak perlu khawatir.

"Kalaupun ada kenaikan permukaan air laut, itu sangat kecil," ujarnya.

Baca juga: BMKG: Gerhana bulan penumbra 5-6 Mei 2023 dapat diamati dari Indonesia

Ia menyampaikan gerhana bulan penumbra terjadi saat posisi bulan, matahari, dan bumi sejajar, yang membuat bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi, akibatnya saat puncak gerhana terjadi bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Pada tahun 2023 terjadi empat kali gerhana yaitu dua kali gerhana matahari dan dua kali gerhana bulan. Dengan rincian Gerhana Matahari Hibrid (GMH) 20 April 2023 yang dapat diamati dari Indonesia.

Kemudian Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 5-6 Mei 2023 yang dapat diamati dari Indonesia. Gerhana Matahari Cincin (GMC) 14 Oktober 2023 yang tidak dapat diamati dari Indonesia. Gerhana bulan sebagian (GBS) 29 Oktober 2023 yang dapat diamati dari Indonesia.

"Salah satu tupoksi BMKG sebagai institusi pemerintah adalah memberikan informasi dan pelayanan tanda waktu, termasuk di dalamnya ialah informasi gerhana bulan dan matahari," kata Arifah.

Baca juga: BRIN sarankan masyarakat amati gerhana bulan penumbra pakai kamera

Pewarta: Ogen
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023