Ini kesempatan untuk bertemu dan bertanding dengan pemain-pemain bintang luar negeri...
Jakarta (ANTARA News) - Persaingan dalam Superliga Badminton 2013 akan makin ketat dengan masuknya lima klub asing dan klub-klub terbaik Indonesia ke turnamen yang akan digelar di DBL Arena Surabaya pada 3-9 Februari 2013 itu.

"Dengan hadirnya klub asing dan klub terbaik Indonesia ini diharapkan kualitas pertandingan akan semakin baik serta memotivasi gairah bulu tangkis Indonesia," kata Direktur Superliga, Yoppy Rosimin, saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu.

Dari Jepang, ada klub Unisys yang sudah mengonfirmasi mengirim tim putra-putri, Renesas akan menyertakan tim putri dan Tonami menyertakan tim putra.

Korean Gingseng Company dari Korea Selatan serta Malaysian Tiger dan Malaysian Mas dari Malaysia juga akan mengirimkan pemain untuk bertanding dalam turnamen berhadiah total Rp1,6 miliar itu.

Sementara klub Indonesia yang akan tampil di turnamen terdiri atas Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Tangkas Specs Jakarta, SGS PLN Bandung, Mutiara Bandung, Jaya Raya Suryanaga Surabaya, dan Musica Champions Kudus.

Yoppy mengatakan, penyelenggara mengizinkan klub lokal menambah kekuatan dengan menarik pemain asing dengan catatan setiap pemain asing hanya boleh tampil dalam dua nomor pertandingan. 

Klub Musica Champion sudah menarik pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei, untuk memperkuat tim, sedang Klub Tangkas Specs merekrut pemain peringkat delapan dunia Nguyen Tien Minh.

"Ini kesempatan untuk bertemu dan bertanding dengan pemain-pemain bintang luar negeri, harus bisa dimanfaatkan oleh para pemain kita. Pendeknya, di liga ini para pemain kita harus bisa mencuri ilmu dan ketrampilan dari pemain asing," ujar Yoppie.

Kepala Bidang Pembinaan Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PB PBSI), Basri Yusuf, berharap turnamen itu bisa menjadi ajang peningkatan kualitas pemain bulu tangkis dalam negeri.

"Semoga menjadi barometer pembinaan PBSI yang dapat mengangkat kualitas bulu tangkis Indonesia sehingga lambang supremasi Indonesia bisa segera kembali," katanya.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013