Roma (ANTARA) - Napoli menjadi tim pertama di lima liga top Eropa yang meraih gelar juara pada Kamis (4/5) setelah bermain imbang 1-1 dalam laga tandang kontra Udinese. Hasil tersebut cukup bagi tim berjuluk Partenopei itu untuk memastikan gelar Scudetto dengan lima pertandingan tersisa.

Setelah penantian selama 33 tahun, Napoli akhirnya merengkuh gelar Serie A ketiga mereka dengan raihan 80 poin dari 33 pertandingan, unggul 16 poin dari peringkat kedua Lazio. Terakhir kali tim dari kota di Italia selatan itu meraih gelar bergengsi tersebut terjadi pada 1990 dan kala itu tim dipimpin oleh mendiang Diego Maradona.

"Melihat orang-orang Neapolitan merayakannya merupakan perasaan yang mustahil diungkapkan dengan kata-kata. Anda merasakan semangat dan cinta mereka di kulit Anda dan Anda merasakan tanggung jawab yang datang dengan jersey spesial ini. Orang-orang ini memberikan saya kegembiraan terbesar hari ini," ungkap pelatih kepala Napoli Luciano Spalletti.
 
   Seorang fans membentangkan spanduk bergambar para pemain Napoli setelah tim itu memastikan menjuarai Serie A setelah bermain imbang 1-1 dalam laga tandang kontra Udinese di Dacia Arena pada Kamis, meski ada lima pertandingan lagi yang masih tersisa. (Xinhua)


Lebih dari 10.000 fans Napoli mendukung tim kesayangannya di Dacia Arena pada Kamis, sementara lebih dari 50.000 orang menyaksikan pertandingan tersebut melalui layar di stadion kandang Napoli, Stadio Diego Armando Maradona.   

"Ini adalah hari yang tidak akan pernah saya lupakan sepanjang hidup saya. Fans kami telah menunggu bertahun-tahun untuk Scudetto ini, dan kami bangga membawanya kembali ke Naples," kata Osimhen.

Mendapatkan dukungan luar biasa, Napoli tampil agresif sejak laga dimulai, tetapi mereka justru tertinggal di menit ke-13 saat Sandi Lovric menceploskan bola secara melengkung ke sudut kanan gawang.

Tim tamu akhirnya berhasil menjebol pertahanan Udinese di menit ke-52 ketika pencetak gol terbanyak Serie A Victor Osimhen menyamakan kedudukan dengan menuntaskan bola liar di kotak penalti.

Setelah peluit akhir, stadion riuh oleh sorak sorai dan para penggemar yang turun ke lapangan untuk merayakannya bersama para pemain.
 
  Para pemain Napoli meluapkan kegembiraannya setelah Victor Osimhen (kedua dari kiri) berhasil menjebol pertahanan Udinese di menit ke-52 dengan memanfaatkan bola liar di kotak penalti. Hasil imbang 1-1 kontra Udinese itu sudah cukup bagi Napoli untuk menjuarai Liga Serie A Italia. (Xinhua)


Di tempat lain, Bologna bernasib malang karena mencetak gol bunuh diri di detik-detik awal laga dan dua gol mereka dianulir, yang membuat mereka menderita kekalahan 3-1 di kandang Empoli.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023