Suksesnya penyelenggaraan Penas Tani dan Nelayan ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumbar
Padang, Sumbar (ANTARA) - Anggota DPR RI Hermanto meminta pemerintah daerah mempersiapkan pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XVI Tahun 2023 di Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat, dengan mantap.

Ia juga meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kota Padang menjadikan penas ini sebagai kerja besar bertaraf nasional.

"Suksesnya penyelenggaraan Penas Tani dan Nelayan ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumbar," kata dia di Padang, Sumbar, Jumat.

Ia berharap panitia bekerja keras dalam memberikan pelayanan kepada para tamu dari seluruh Indonesia yang akan berpartisipasi dalam penas.

"Berikan para tamu kemudahan mengakses alat transportasi, hotel, dan penginapan lainnya serta jaminan keamanan," kata dia.

Ia mengatakan masih mendapati adanya kekurangan dalam persiapan kegiatan yang tinggal sebulan lagi yakni 10-15 Juni 2023.

Kekurangan itu seperti jalan menuju lokasi untuk menggelar teknologi pertanian dari berbagai instansi pemerintah dan swasta, infrastruktur aliran air, bangunan panggung, serta ketersediaan tanaman unggulan dan alat mesin pertanian.

Sementara itu, Dinas Pertanian Kota Padang menyiapkan 3.000 rumah untuk peserta penas.

"Rumah tersebut tersebar di lima kecamatan yakni Koto Tangah, Padang Barat, Padang Barat, Padang Utara, dan Nanggalo," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat.

Ia mengatakan rumah tersebut akan ditempati 35.459 peserta Penas Tani dan Nelayan XVI yang terdiri dari peserta utama, peserta pendamping, dan peserta peninjau.

Menurut dia, peserta utama adalah petani yang tergabung dalam kelompok tani, peserta pendamping dari dinas terkait, dan peserta peninjau merupakan kepala daerah.

"Kesiapan untuk lokasi peserta sudah 70 persen siap dan saat ini kita akan memastikan lokasi untuk masing-masing provinsi sambil menunggu data peserta," kata dia.

Pemkot Padang pun mengalokasikan anggaran penas sebesar Rp6 miliar yang digunakan untuk persiapan lokasi, keamanan, acara kesenian, pameran, pelayanan tamu, hingga pelayanan kesehatan.

Baca juga: Anggota DPR: Panitia Penas Tani Nelayan agar lakukan persiapan matang
Baca juga: Panitia Penas Tani XVI siapkan 2.900 rumah untuk pemondokan peserta
Baca juga: Anggota DPR fasilitasi bimbingan teknis bagi wanita tani di Sumbar


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023