Jalan tol fungsional sangat bermanfaat dan membantu untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang ada di jalan tol operasional
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga mengungkapkan pembukaan sejumlah jalan tol fungsional ampuh mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan-jalan tol operasional selama mudik dan arus balik Lebaran 2023.

"Jalan tol fungsional sangat bermanfaat dan membantu untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang ada di jalan tol operasional," ujar Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono atau disapa Yongki dalam seminar daring yang diikuti di Jakarta, Jumat.

Yongki mengatakan meskipun sifatnya fungsional atau sementara, respons masyarakat terhadap jalan tol fungsional sangat besar karena memang terbukti ampuh untuk mengurangi waktu tempuh.

Selain itu, jalan tol fungsional juga berhasil memecah kepadatan lalu lintas di jalan arteri yang sebelumnya sangat padat dan mengurangi jarak tempuh.

Selama periode arus mudik dan balik Lebaran 2023 Kementerian PUPR membuka 11 jalan tol fungsional, seperti untuk jalan Tol Trans Jawa yang difungsionalkan yakni Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2 Cigombong - Cibadak, Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) Seksi Cimalaka - Dawuan.

Baca juga: PUPR: Diskon tarif tol berkontribusi distribusikan lalin Lebaran

Baca juga: PUPR sebut jalan yang dilintasi Jokowi di Lampung termasuk rusak berat


Selain itu Tol Jakarta - Cikampek II Selatan Paket 3 Taman Mekar - Sadang, Tol Cibitung - Cilincing Seksi 4 Tarumajaya - Cilincing, Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2A Jatikarya - Cikeas, Tol Pasuruan - Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur - Interchange Gending, dan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo Sebagian Seksi 1.1.

Sedangkan jalan - jalan Tol Trans Sumatera yang difungsionalkan selama periode Lebaran 2023 antara lain Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi Tebing Tinggi - Simpang Susun Indrapura dan Seksi Dolok Merawan - Sinaksak.

Kemudian Tol Sigli - Banda Aceh Seksi Blang Bintang - Baitussalam, Tol Binjai - Langsa Stabat - Tanjung Pura Seksi Stabat - Jalan Proklamasi, dan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim Seksi Simpang Indralaya - Prabumulih.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasinya kepada seluruh insan PUPR yang telah berpartisipasi dalam kelancaran arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1444 H.

Terlebih, banyak apresiasi di media atas pengaturan arus mudik dan balik dalam Idul Fitri 2023 yang dinilai cukup berhasil.

Basuki memuji kerja keras dan dedikasi untuk Kementerian PUPR, khususnya rekan-rekan yang telah mencurahkan segala kemampuannya dalam mendukung program mudik dan balik dalam perayaan Idul Fitri 2023.

Dia juga berterima kasih kepada seluruh insan PUPR yang bertugas pada Posko Siaga Sapta Taruna Kementerian PUPR dan berperan dalam memberikan informasi serta menyediakan fasilitas tempat beristirahat, serta mobile toilet tambahan bagi para pemudik.

Baca juga: Presiden sebut jalan rusak di Lampung akan ditangani Kementerian PUPR

Baca juga: Menteri PUPR: Administrasi teknis penting bagi pekerjaan infrastruktur

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023