Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin mengapresiasi kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan mudik Lebaran tahun 2023.

"Kami sangat mengapresiasi mengenai berbagai fasilitas mudik yang disiapkan oleh BUMN terkait. Mereka semua sudah tanggap artinya sudah mempersiapkan sedemikian rupa sehingga mudik kali ini tidak ada masalah/kejadian yang besar," ujar Elly dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan, bahkan rest area darurat BUMN persiapkan untuk masyarakat yang ingin beristirahat dan diberi waktu tidak boleh lebih dari sekian menit supaya tidak ada penumpukan.

Legislator tersebut juga mengatakan, hampir semua BUMN Karya itu juga sudah menyelesaikan atau merampungkan berbagai proyek infrastruktur jalan Tol dan fasilitas pendukung lainnya.

Sebelumnya, berdasarkan data dari Continuum Indef menunjukkan 62,3 persen masyarakat puas dengan pelaksanaan mudik pada Lebaran tahun ini.

Faktor jalan tol yang memperlancar arus mudik, ketersediaan BBM hingga mudik gratis dari pemerintah menjadi dasar netizen puas dengan mudik Lebaran 2023.

Sebanyak 60,3 persen netizen juga merasa senang dengan menjalani mudik melalui jalan tol. Mereka menilai mudik kali ini cukup lancar, rest area yang nyaman, serta suasana menyenangkan selama perjalanan.

Peneliti Continuum Indef Wahyu Tri Utomo mengatakan, pada intinya jalan tol dinilai membantu kelancaran mudik masyarakat.

Wahyu menambahkan, jalan tol memperlancar mudik menjadi topik positif paling dibicarakan oleh netizen.

Adapun topik-topik terkait tol yang banyak diperbincangkan secara positif yakni tol memperlancar mudik sebesar 18,29 persen, jalan tol lancar 16,16 persen, jalan tol siap untuk mudik 15,24 persen, rest area nyaman 13,72 persen, dan mudik lewat tol menyenangkan 12,20 persen.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023