Program inovatif ini adalah pemenang dari Fast Company's World Changing Ideas Award dalam kategori Keuangan.
Jakarta (ANTARA) - Program saham yang dibagikan ke mitra Gojek atau Saham Gotong Royong PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) meraih penghargaan dari majalah Fast Company sebagai World Changing Ideas atau “Ide yang Mengubah Dunia” untuk  2023.

Majalah Fast Company menganggap program Saham Gotong Royong GoTo merupakan inisiatif dari perusahaan Indonesia yang mengubah dunia pada tahun 2023 untuk kategori keuangan, serta sebuah harapan yang bisa menjadi contoh untuk meningkatkan kondisi kesejahteraan mitra pengendara.

“Program inovatif ini adalah pemenang dari Fast Company's World Changing Ideas Award dalam kategori Keuangan,” tulis Fast Company sebagaimana dalam rilisnya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: GOTO catat peningkatan pendapatan bruto 14 persen pada kuartal I 2023

Fast Company’s World Changing Ideas Awards merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada perusahaan yang mengembangkan solusi kreatif untuk masalah paling mendesak saat ini, seperti isu lingkungan, kemiskinan, dan juga isu lainnya.

Sementara itu, President Gojek/ On-Demand Services GoTo Catherine Sutjahyo mengapresiasi penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh Fast Company kepada GoTo.

"Mitra driver dan juga mitra merchant merupakan bagian penting dari ekosistem GoTo. Melalui program Saham Gotong Royong ini, seluruh mitra pengemudi yang telah tumbuh bersama Gojek berkesempatan untuk menjadi pemegang saham GoTo atau menerima manfaat ekonomi dari saham GoTo," ujar Catherine.

Pihaknya berharap apresiasi kepada para mitra bisa menjadi contoh bagi perusahaan sejenis ataupun industri lainnya dalam mengapresiasi para mitra yang telah mendukung perkembangan perusahaan, sehingga bisnisnya dapat terus berkelanjutan.

Baca juga: GoTo pangkas rugi bersih 40 persen jadi Rp3,86 triliun di kuartal I

Program Saham Gotong Royong memberikan kesempatan kepada mitra pengemudi Gojek untuk mendapatkan manfaat ekonomi dari pelaksanaan Initial Public Offerinng (IPO) GoTo.

Dalam program tersebut, GoTo menyisihkan hampir 1 miliar saham untuk lebih dari 600.000 mitra driver Gojek, dan mengembangkan kurikulum pendidikan yang ikut mendampingi para mitra driver agar dapat memanfaatkan secara optimal dari penawaran saham tersebut.

Mekanisme pendistribusian saham tersebut diberikan kepada mereka yang mulai mengemudi antara 2010 dan 2016 menerima 4.000 saham, dan mereka yang mendaftar antara 2017 dan 2022 menerima 1.000 saham.

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023