Jakarta (ANTARA) - Gojek, penyedia layanan on-demand services milik Grup GoTo, berupaya memberikan rasa aman kepada pelanggannya dengan mengembangkan berbagai fitur keamanan menggunakan teknologi terkini, seperti fitur Bagikan Perjalanan dan Tombol Darurat.

“Bagi Gojek, keamanan dan keselamatan adalah prioritas utama. Prioritas tersebut kami tunjukkan dengan pemanfaatan teknologi terkini untuk memberikan rasa aman saat menggunakan aplikasi Gojek,” kata SVP Corporate Affairs Gojek Rubi Purnomo dalam pernyataannya di Jakarta, Senin.

Pihaknya juga berupaya untuk menerapkan langkah proteksi tambahan serta memberikan edukasi berkelanjutan kepada pelanggan dan mitra pengendara (driver) untuk menciptakan budaya aman dalam ekosistem Gojek, terutama menjelang libur Idul Fitri yang berpotensi mendorong tingginya mobilitas masyarakat.

Ia menuturkan bahwa pengguna dapat menggunakan fitur “Bagikan Perjalanan” untuk membagikan informasi terkait lokasi penjemputan dan pengantaran, pengendara dan kendaraannya, status perjalanan dan estimasi waktu tempuh, hingga jalur yang dipilih pengendara dalam perjalanannya kepada kerabat pengguna.

Baca juga: Menhub RI teteskan air mata dengar kisah anak mitra Gojek lulus kuliah

Baca juga: Gojek gandeng BRI berikan mudik gratis bagi mitra pengemudi


Sementara fitur “Tombol Darurat” dapat dimanfaatkan oleh pelanggan maupun mitra driver untuk terhubung dengan Unit Darurat Gojek 24 Jam jika terjadi keadaan darurat. Unit tersebut juga menyiagakan layanan ambulans.

Rubi mengatakan bahwa pihaknya juga menyediakan asuransi dasar untuk meminimalisir dampak risiko selama perjalanan.

Di luar asuransi dasar tersebut, sebelum memulai perjalanan, pelanggan juga dapat mengaktifkan perlindungan tambahan ‘PerjalananAman+’ hingga Rp350 juta.

Ia menuturkan bahwa pihaknya pun menghadirkan fitur Verifikasi Muka mitra pengendara dan penyamaran nomor telepon (number masking) untuk memastikan kesesuaian identitas dan kendaraan mitra driver Gojek serta kenyamanan masyarakat saat berkomunikasi dengan mitra.

“Pengguna bisa mempelajari perangkat keamanan layanan transportasi Gojek yang akan muncul bahkan sejak pemesanan baru dibuat. Langkah ini bisa dipelajari dan digunakan dengan mengklik Tombol Perangkat Keamanan Gojek berbentuk perisai hijau di halaman perjalanan,” ujarnya.

Baca juga: Jelang Lebaran, GoSend perkuat layanan dengan ragam fitur baru

Baca juga: Gojek dan GoPay ajak masyarakat berbagi kebaikan di bulan Ramadhan



Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024